IKLB Jabar Gelar Festival Negeri Siger di Kota Bandung

661

BANDUNG, BERITAANDA – Ikatan Keluarga Lampung Bersatu (IKLB) Jabar menginisiasi kegiatan Festival Seni Budaya Wisata dan Kerajinan UKM Lampung yang akan digelar di Jl. Asia Afrika Kota Bandung pada Jumat (20/9/2019) dan Sabtu (21/9/2019) mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, IKLB Jabar bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam rangka mengangkat seni budaya nusantara sekaligus memperingati dan memeriahkan HUT RI ke-74.

Tak hanya pentas seni budaya, agenda rutin kegiatan triwulanan yang digelar oleh IKLB Jabar tersebut juga sebagai ajang untuk mempromosikan destinasi wisata, makanan khas, serta hasil kerajinan UKM Lampung yang selama ini sudah dikelola oleh beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) resmi maupun perorangan.

Ketua IKLB Jabar Syafrial SE mengatakan, acara kegiatan IKLB Jabar ini dengan nama icon ‘Negeri Siger’ sebagai branding kegiatan IKLB Jabar. Negeri Siger ini, kata dia, adalah suatu kegiatan yang di dalamnya mengangkat seni budaya, wisata, kuliner, dan kerajinan khususnya Lampung, Jawa Barat dan nusantara pada umumnya.

“Karakter budaya lokal daerah bisa kehilangan identitasnya, dan bahkan warna budaya itu sendiri akan luntur apabila kita sebagai pelaku sejarah terbawa arus globalisasi tanpa bisa mempertahankan identitas khas budaya yang kita miliki,” ujar Syafrial dalam konferensi pers di Sekretariat IKJLB Jabar Jl.Karawitan No.5 Bandung beberapa hari yang lalu.

Menurut ketua panitia Festival Negeri Siger, Agung Identik, puncak acara akan digelar pada tanggal 20-21 September 2019.

“Kegiatan ini akan dibagi dalam dua sesi. Untuk sesi pertama yaitu pada hari Jumat (20/9/2019) akan dilaksanakan sosialisasi dan promosi destinasi wisata Lampung dan Jawa Barat, serta hasil kerajinan UKM Lampung dan Jabar. Dan hari Sabtu (21/9/2019) akan diadakan pagelaran seni dan budaya sampai berakhir di malam puncak acara Festival Negeri Siger ini.

Agung kembali menjelaskan, pihaknya telah mempromokan dan mensosialisikan ke seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Lampung serta berbagai pihak untuk mengikuti acara Festival Negeri Siger ini nantinya.

“Beberapa perwakilan utusan dari kabupaten/kota sudah menyatakan akan hadir. Perwakilan Kabupaten Pringsewu misalnya, sudah menghubungi panitia pelaksana,” kata dia.

“Kita ingin tunjukan kepada dunia luar bahwa potensi wisata, seni, dan budaya serta kerajinan Lampung dan Jawa Barat sangat besar serta berpotensi meningkatkan pemberdayaan ekonomi kepada masyarakat lokal,” tambah Adam selaku Sekjen IKLB Jabar.

“Target panitia akan menghadirkan 3.000 tamu dan undangan. Acara ini sifatnya terbuka, jadi siapa saja bisa menyaksikan pagelaran seni budaya wisata kerajinan Festival Negeri Siger ini,” tutup Agung. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda