Henri Harahap Hadiri Malam Baralek Gadang

223

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang H. Henri Harahap mewakili Bupati Sintang, menghadiri kegiatan malam silaturahmi Baralek Gadang yang diusung oleh Perkumpulan Keluarga Sumatera Barat Sintang Raya, bertempat di Gedung Pancasila Sintang, Ahad (24/2/2019) malam.

Dalam sambutannya, Henri Harahap mengatakan bahwa keberadaan perkumpulan organisasi masyarakat ini merupakan suatu wadah perkumpulan yang sangat positif.

“Disinilah kita saling berkumpul untuk melepaskan rindu kampung halaman, tentu ini menjadi hal yang positif bagi kita semua,” kata dia.

Perlu diketahui, sambung Henri, bahwa Kabupaten Sintang adalah kabupaten yang terkenal dengan paling banyak masuk transmigrasi dengan berbagai suku dan budaya lainnya.

“Kita bisa lihat sendiri banyak sekali suku dan budaya yang ada di Sintang. Saat ini juga sebagian besar sudah masuk ke generasi ketiga, dan sepatutnya kita dari berbagai suku budaya lainnya hidup secara berdampingan harmonis di Kabupaten Sintang,” sambungnya.

Henri menambahkan, bahwa perbedaan antar suku dan budaya menjadi semangat kebhinekaan di Kabupaten Sintang.

“Kita bisa melihat bagaimana banyaknya budaya di Sintang. Contohnya banyak yang menikah antar suku, tentunya perbedaan ini sangat baik. Kita selalu menjunjung tinggi kemajemukan, menjunjung tinggi kebhinekaan, termasuk juga seperti pada perkumpulan Keluarga Besar Sumatera Barat ini,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang memberikan pesan agar masyarakat dapat saling bersatu.

“Siapapun dia, apa sukunya, apa agamanya, kita haruslah bersatu. Walau kita berbeda-beda, tapi tetap satu, itulah Bhinneka Tunggal Ika,” pesan Henri Harahap.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara kegiatan Baralek Gadang, Bgd. Afrinal Sikumbang mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan pertemuan masyarakat Minang.

“Jadi kegiatan ini untuk mempererat silaturahmi sesama orang Minangkabau yang ada di Kabupaten Sintang. Sebagai masyarakat perantau tentunya kami ingin bertemu kembali disini,” kata Afrinal.

Menurut Afrinal, kegiatan Baralek Gadang ini mengusung tema rantau rasa di kampuang.

“Kita ingin dimana kita saat ini berada, khususnya masyarakat Minang yang merantau di Kabupaten Sintang, bisa merasakan seperti ada di kampung. Karena jumlah perantau dari Sumbar di Kabupaten Sintang sangatlah banyak, maka kami selenggarakan kegiatan seperti ini,” pungkas dia. (Arni/Humas Pemkab Sintang)

Bagaimana Menurut Anda