Hari ini Masuk Masa Kampanye, APK Pribadi Paslon Diturunkan

36

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Tepat Jumat (25/9/2020) pukul 24.00 Wib, alat peraga sosialisasi calon bupati-wakil bupati pilkada serentak resmi diturunkan Satpol PP Pemkab Sekadau. Penurunan atribut calon ini didasari tahapan yang sudah masuk masa kampanye mulai hari ini, Sabtu (26/9/2020).

Sebelum melaksanakan penurunan, diadakan rakor bersama KPU, Bawaslu dan Kepolisian di kantor KPU Sekadau.

Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban menerangkan, sesuai peraturan KPU terkait masuknya tahapan kampanye 26 September 2020 dan pemasangan alat peraga kampanye (APK) paslon diatur oleh KPU. Termasuk aturan materi, ukuran dan tempat pemasangan.

Sebelumya, Saban mengaku pihaknya telah menyampaikan kepada tim masing-masing paslon untuk menurunkan baleho, spanduk dan stiker calon. Meslo demikian, masih banyak yang terpasang.

“KPU masih dalam proses percetakan APK paslon sampai saat ini, dikarenakan penetapan calon dan nomor urut baru dilaksanakan beberapa hari terakhir,” terang Saban.

Ketua Bawaslu Sekadau Nur Soleh menambahkan, selama telah ditetapkan dalam tahapan pemilukada, Bawaslu dan KPU harus melaksanakan tahapan sesuai jadwal dan waktu.

“Catatan nantinya jika pelanggaran terkait APK bersifat administrasi dan akan ada rekomendasi Bawaslu kepada Satpol PP atau pihak lainnya untuk penindakan,” terang Soleh.

Dikatakan Soleh, upaya yang sudah dilakukan KPU dan Bawaslu sebelumnya dengan memberikan imbauan kepada tim dan paslon untuk menurunkan sendiri alat peraga.

“Jika melihat kondisi pemasangan alat peraga kampanye saat ini, ada yang bisa ditertibkan dan ada yang tidak, terutama yang terpasang di blackboard yang akan ditindaklanjuti dengan imbauan selanjutnya kepada paslon atau tim,” beber dia.

Penurunan alat peraga sosialisasi calon dilaksanakan oleh Satpol PP dibantu tim KPU, Bawaslu dengan pengamanan dari kepolisian.

Tim dibentuk menjadi empat dengan membagi jumlah orang didalam tim di empat zona, masing-masing zona satu Jalan Sekadau-Sintang, zona dua Jalan Sekadau-Sanggau, zona tiga Jalan Sekadau-Rawak dan zona empat dalam kota Pasar Sekadau Hilir.

Selain di ibukota kabupaten, penurunan alat peraga paslon juga dilaksanakan serentak di kecamatan – kecamatan oleh tim PPK, Bawaslu, Polsek dan Trantib Pol PP Kecamatan. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda