Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Dorong Partisipatif Lewat Sarana Budaya

180
Foto bersama panitia dan peserta kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif sarana budaya Bawaslu Kabupaten Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pengawasan jalannya pemilukada 2020 di Kabupaten Sekadau diharapkan berjalan efektif, dan adanya partisipatif seluruh lapisan masyarakat. Hal ini mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalbar dan Kabupaten Sekadau mensosialisasikan pengawasan melalui sarana kebudayaan.

“Kami mengajak masyarakat ikut andil dalam pengawasan pemilu 2020 melalui pengawasan sipil sociality,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Sekadau Nursoleh SH i, Kamis (19/9/2019) pagi.

Ditegaskan Nursoleh, Bawaslu memiliki moto bersama rakyat awasli pemilu. Moto itu, dijelaskan Nursoleh, menunjukkan masyarakat menjadi tonggak demokrasi dan pengawasan menjadi kekuatan dalam menegakkan keadilan pemilu.

Memurut dia, menjelang pilkada 2020, Bawaslu sudah mulai melaksanakan sosialisasi pengawasan non bajeter dengan terjun dalam dunia olaharga (sepakbola).

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Ruhermansyah SH, MH menjelaskan, bahwa kebudayaan dan adat istiadat serta suku merupakan anugerah yang melekat pada setiap orang.

“Perbedaan-perbedaan suku budaya merupakan kekayaan yang dimiliki Indonesia,” ujar Ruhermansyah.

Ia menjelaskan, bahwa Bawaslu memiliki tugas utama pengawasan pemilu, dan dalam pengawasan pemilu meminimalkan potensi konflik dalam pemilu.

“Pencegahan pelanggaran pemilu oleh Bawaslu berupa pelaksanaan pengawasan preentif dan prepentif di masyarakat, serta tindakan represif terhadap pelanggaran pemilu. Kinerja Bawaslu bukan diukur dari banyaknya penindakan kasus, namun diukur sebarapa gencarnya pencegahan oleh Bawaslu,” tukasnya.

Dalam sosialisasi ini, baik panitia, komisioner Bawaslu serta peserta kegiatan menggunakan pakaian adat masing – masing. Kegiatan tersebut juga diisi dengan penyampaian materi oleh Komisioner Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Faisal Reza. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda