Gubernur Jambi Ajak Apresiasi Partisipasi Masyarakat

211

JAMBI, BERITAANDA – Gubernur Jambi Fachrori Umar meninjau pelaksanan pemungutan suara Pemilihan umum (pemilu) 2019, Rabu (17/4/2019).

Sebelum meninjau pelaksanaan pemungutan suara, Fachrori terlebih dahulu menggunakan hak pilihnya di TPS 14 RT 10 dan 15 Kelurahan Telanaipura, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

Usai meninjau pelaksanaan pemungutan suara, gubernur juga meninjau pusat gudang logistik KPU di Kota Jambi, yakni di arena eks MTQ (Taman Rimba).

Dalam peninjauan tersebut, gubernur didampingi oleh Kapolda Jambi Irjen Pol. Muchlis AS, MH, Kajati Jambi Hj.Andi Nurwinah, perwakilan dari Danrem 042/Garuda Putih, Sekda Provinsi Jambi H.M.Dianto, perwakilan dari KPU dan Bawaslu Provinsi Jambi, dan beberapa orang kepala OPD terkait atau yang mewakili lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

Dalam peninjauan tersebut, gubernur menyempatkan untuk berbincang singkat dengan panitia pelaksana di TPS tentang kelancaran pelaksanaan pemungutan suara serta tantangan yang dihadapi.

Gubernur mengapresiasi partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih (hak suara) dalam pemilu ini, dan berharap partisipasi keikutsertaan masyarakat dalam pemilu tinggi.

Terkait penyelenggaraan pemilu, Fachrori berharap agar pihak penyelenggara serta seluruh jajaran bisa melaksanakan pemilu sebaik-baiknya, dan semua masyarakat yang memiliki hak pilih terlayani dengan baik.

Selanjutnya, gubernur menekankan dan mengajak semua pihak untuk menjaga keamanan dan kedamaian di Provinsi Jambi, agar suasana tetap kondusif dalam melaksanakan pembangunan.

“Mudah-mudahan masyarakat kita aman tenteram,” ujar gubernur.

Terkait adanya beberapa TPS yang belum bisa melaksanakan pemungutan suara karena banjir di beberapa tempat, seperti di Sei Lincah dan di Alam Barajo, gubernur mengatakan bahwa hak masyarakat untuk memilih harus difasilitasi. Untuk itu akan tetap dilakukan pemungutan suara pada Kamis (18/4/2019).

Kapolda Jambi, Irjen Pol. Muchlis AS,MH mengatakan, kondisi di Provinsi Jambi aman.

“Dari laporan Kapolres, Dandim dan seluruh anggota di lapangan sampai saat ini situsai aman. Beberapa TPS ada yang kekurangan kertas dan kotak suara, namun semua bisa ditangani oleh KPU,” ujar Muchlis.

Muchlis menyatakan, jumlah personel kepolisian dalam pengamanan pemilu tahun 2019 di Provinsi Jambi 4.989 orang, dan TNI 1.500 orang. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda