Gelar Simulasi Sispamkota, Polres Nias Siap Amankan Pemilu 2019

265

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Menjelang pemilihan umum serentak tanggal 17 April 2019, Kepolisian Resort Nias menggelar simulasi sispamkota (sistem pengaman kota) dalam rangka Ops Mantap Brata 2018 Pemilu Tahun 2019 yang dilaksanakan di Mapolres Nias Kota Gunungsitoli, Kamis (4/4/2019).

Pelaksanaan sispamkota merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Polres Nias untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel dalam mengamankan pemilu 2019.

Berdasarkan pantauan BERITAANDA, simulasi sispamkota pemilu 2019 ini menggambarkan rangkaian simulasi pencoblosan suara dan rekapitulasi suara di TPS, pengamanan dan penyelamatan kotak suara yang dibawa PPS, Linmas, Panwas, didampingi petugas keamanan (polisi) dari TPS menuju kantor PPK dan skenario demo anarkis yang terjadi di kantor KPUD.

Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan, SH.MH mengatakan, sebanyak 3.950 personel gabungan dari TNI, Polri dan Linmas siap untuk menyelenggarakan dan mengamankan pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 dari orang atau kelompok yang mencoba menciderai pemilu tersebut.

“Personel gabungan sebanyak 3.950 orang ini siap untuk mengawal pelaksanaan tahapan pemungutan suara yang ada di wilayah hukum Polres Nias, yang terdiri dari 1.472 TPS,” tegas AKBP Deni Kurniawan, SIK MH.

Terang Kapolres, guna menekan dan menurunkan kerawanan yang mungkin terjadi pada tahapan inti pemilu, yaitu pada saat penghitungan surat suara, Polres Nias telah melakukan beberapa upaya cipta kondisi.

“Kita juga telah melakukan beberapa upaya cipta kondisi guna menekan dan menurunkan tingkat kerawanan yang mungkin akan terjadi pada tahapan inti dari pemilu, yakni penghitungan surat suara. Hal ini juga bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa kami siap mengamankan surat suara tersebut,” tuturnya.

Kegiatan dihadiri oleh Forkopimda, Danlanal Nias, Ketua KPUD, Ketua Bawaslu Kabupaten/Kota se- wilayah hukum Polres Nias, Kasi Brantas BNNK Gunungsitoli, pejabat utama Polres Nias, Kapolsek, perwira Kodim 0213/Nias, personel Polres Nias serta Damkar Kota Gunungsitoli. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda