Gaet Investor, Kapolres Tapsel Ajak Insan Pers Jaga Kamtibmas

412

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Irwa Zaini Adib mengharapkan insan pers turut serta dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang stabil di wilayah hukum Polres Tapsel.

“Saya menilai, yang mampu menciptakan ‘panas ataupun dingin’ situasi kamtibmas di suatu daerah adalah media,” kata AKBP Irwa dihadapan puluhan wartawan media online, cetak, radio, dan televisi, di acara bertajuk ‘Ngopi Bareng’, di kantin Mapolres setempat, Jumat (22/11/2019) pagi.

‘Ngopi Bareng’ ini turut dihadiri Wakapolres Tapsel Kompol Jumanto, para Pejabat Utama Polres Tapsel, Kasat Resnarkoba AKP Zulfikar, Kasat Reskrim AKP Alexander Piliang, Kasat Lantas AKP Soya Lato, Kasubbag Humas IPTU Alpian Sitepu, dan sejumlah tokoh agama Tabagsel.

Menurut mantan Kapolsek Setiabudi itu, setiap informasi yang di publish oleh insan pers melalui medianya masing-masing akan sangat cepat diakses oleh publik. Sehingga, segala hal yang tersaji dalam pemberitaan tersebut, sedikit banyak akan sangat mempengaruhi opini masyarakat.

“Artinya, para insan pers diharap memilah berita yang akan disajikan, dengan tidak menimbulkan pengaruh buruk terhadap kondusifitas kamtibmas. Tujuannya, agar para investor merasa nyaman dan tertarik berinvestasi (menanam saham) di wilkum Polres Tapsel, meliputi Kabupaten Tapsel, Paluta, dan Palas,” ujar Kapolres.

Hal ini juga, menurut Irwa, sejalan dengan instruksi Kapolri, usai gelar rapat koordinasi forkopimda se-Indonesia yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Bogor, baru-baru ini. Dimana rapat itu menyoroti telaah Badan Pusat Statistik (BPS) yang memprediksi pertumbuhan perekonomian Indonesia di tahun 2020 akan mengalami stagnan.

“Untuk mengantisipasi itu, maka kami ajak semua stakeholder khususnya insan pers. Mari bersinergi untuk mengawal sekaligus mendorong masuknya para investor kesini. Sehingga pada gilirannya nanti, kehadiran investor praktis membuka peluang kerja dan mengurangi pengangguran,” tegasnya.

Untuk mewujudkan program itu, Kapolres menegaskan kepada segenap jajarannya agar kiranya membuka ruang serta akses informasi yang seluas-luasnya, terkait data apa saja nantinya yang dibutuhkan oleh para awak media untuk melengkapi bahan pemberitaan supaya tersaji dengan jernih.

“Saya minta kepada pejabat utama Polres untuk tidak under estimate kepada rekan-rekan wartawan. Kalau Kapolresnya sudah open, maka saya minta komponen yang di bawah juga open. Tolong kebijakan saya ini agar betul-betul didukung oleh rekan-rekan kepolisian,” ujar Kapolres menegaskan.

Sebaliknya, AKBP Irwa pun meminta insan pers open kepada pihaknya, dengan tetap memberi masukan-masukan positif. Agar, sinergitas yang akan dibangun tak mandek ataupun terhenti. Jika ada informasi dari insan pers, Kapolres memerintahkan para pejabat utama segera menindaklanjuti.

Menyahuti pandangan Kapolres, Ketua PWI Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Hairul Iman Hasibuan, selaku mewakili seluruh insan pers yang hadir menyampaikan apresiasi terhadap langkah Polres Tapanuli Selatan, dalam kaitannya membangun pola sinergitas yang baik dengan wartawan.

“Sejatinya kami (insan pers) mendukung sekaligus siap bersinergi dengan Polres Tapanuli Selatan dalam hal menciptakan situasi kamtibmas yang aman, sejuk, juga kondusif, agar iklim investasi di Tabagsel semakin membaik,” tandas Hairul. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda