Datangi Kementerian, Sejumlah LSM dan Pers Beltim Tagih Janji Menteri Perdagangan

395

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Sejumlah LSM Belitung Timur (Beltim) dan wartawan berkunjung ke Kementerian Perdagangan guna menemui Agus Suparmanto (Menteri Perdagangan) yang merupakan Direktur sekaligus Owner PT GMB Galangan Kapal Lipat Kajang Manggar Beltim yang sampai saat ini belum beroperasi, Jumat (22/11/2019)

Saat datang di Kementerian Perdagangan, LSM dan wartawan disambut di ruang rapat oleh Suharno seaku Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Direktur Sarana Distribusi dan Logistik Sihar H Pohan, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Ketut, Kepala Subdit Pengembangan Sarana Distribusi Immanuel. Sementara Agus Suparmanto sendiri sedang berkunjung ke luar negri.

Kedatangan LSM dan wartawan dari Beltim tersebut untuk menyampaikan satu bundel berkas serta berbagai hal terkait keberadaan PT GMB yang sampai saat ini belum beroperasi.

Samsu Rizal dari perwakilan LSM menegaskan, kami ingin menagih janji Agus Suparmanto saat berkunjung ke Beltim 4 tahun yang lalu pernah.

“Beliau (Agus Suparmanto -red) pada saat datang ke Beltim sekitar 4 empat tahun lalu pernah berjanji untuk mengoperasikan galangan dihadapan para pengusaha besar Beltim yang juga dihadiri Pak Yusril Ihza Mahendra dan Yuslih Ihza,” ujar Samsu kepada Dirjen, agar hal tersebut disampaikan kepada Agus Suparmanto.

Lebih lanjut Samsu kembali menegaskan, dirinya bersama dengan LSM dan wartawan Beltim akan terus bergerak, agar PT GMB bisa difungsikan.

“Jika hal tersebut (janji Agus Suparmanto) belum juga mengoperasikan galangan kapal, kami bersama masyarakat lain akan datang kembali ke Kementerian Perdagangan ini, dengan maksud yang sama” tegas Samsu.

Senada dengan Samsu Rizal, M. Nur Masese juga dari LSM Beltim ikut menagih janji Agus Suparmanto.

“Kami bukan mengancam. Jangan salahkan kami, jika memasang spanduk besar di Kementerian untuk menagih janji beliau. Alangkah tidak sedap dipandang ada aset yang terbengkalai seperti sarang hantu,” ujar M. Nur menambahkan.

Sementara itu Dirjen Kementerian Perdagangan mengatakan, bahwa dirinya tidak bisa memberi keputusan. Namun akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Agus Suparmanto selaku menteri sekaligus pemilik PT GMB Galangan Kapal.

“Sementara kami tampung dulu aspirasinya. Sepulangnya beliau dari luar negeri, akan segera kami sampaikan kepada beliau apa adanya, dan tidak akan kami kurangi. Kami disini tidak punya kapasitas untuk memutuskan, surat dari bapak-bapak memang sudah saya terima beberapa waktu lalu,” ujar Dirjen menerangkan. (Helmi)

Bagaimana Menurut Anda