Gadang Harta Hartawan Jabat Ketua Forum CSR Kabupaten OKI

813

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pemerataan dan percepatan pembangunan yang terus getol dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI), tentu juga berkat adanya kebermanfaatan program corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan yang beroperasi dalam wilayah Bumi Bende Seguguk.

Karena pembangunan tidak hanya cukup mengandalkan APBD kabupaten, APBD provinsi maupun anggaran pendapatan belanja negara (APBN), tetapi juga harus didukung oleh dana CSR milik perusahaan yang terus bersinergi dalam pemerataan pembangunan demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya.

Oleh karena itu, agar kemitraan antara Pemkab OKI dan perusahaan beroperasi dalam wilayahnya terus selaras dan bersinergi dalam laju pembangunan daerah, rapat koordinasi CSR TJSLP/PKBL Kabupaten OKI pun dilaksanakan. Bertempat di aula rapat kantor Bappeda OKI, Rabu (20/3/2019).

Ketua Tim Fasilitasi CSR TJSLP/PKBL yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKI, Drs H Alamsyah, M.Si mengatakan, untuk diketahui rapat koordinator CSR TJSLP/PKBL ini mengambil tema ‘memperkuat semangat kemitraan dan peran forum CSR-PKBL Kabupaten OKI dalam mewujudkan kebermanfaatan bagi perusahaan dan pembangunan daerah’.

“Acara ini juga dihadiri narasumber dari Pandeglang yang akan menjelaskan terkait CSR. Kemudian akan dilanjutkan pemilihan Ketua Forum CSR. CSR salah satu bentuk upaya mendukung pembangunan di wilayah OKI,” kata Alamsyah seraya menyebutkan, narasumber bernama Rahmatullah yang akan memberikan pencerahan betapa pentingnya CSR.

Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten OKI H Husin.,SPd.,MM yang mewakili Bupati OKI H Iskandar, SE menambahkan, selaku pemerintah kami berharap agar semua perusahaan di wilayah Bumi Bende Seguguk ini bisa melaksanakan tanggung jawab sosialnya untuk membantu masyarakat melalui program CSR-nya berlandaskan kepada kebutuhan masyarakat lokal.

Dihadapan para pemimpin perusahaan penggerak CSR dalam acara kerjasama dunia usaha/lembaga mengenai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan dan Program Kemitraan Bina Lingkungan (TJSLP-PKBL) tersebut, Husin juga menyampaikan himbauan dari bupati kepada perusahaan agar mencegah jangan sampai terjadi kebakaran hutan atau lingkungan perusahaan.

Sementara itu, Head Public Affair PT OKI Pulp and Paper Mills, H. Gadang Harta Hartawan yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Forum CSR Kabupaten OKI mengatakan, Alhamdulillah hari ini sudah terbentuk forum CSR. Tentunya ini menjadi harapan banyak orang agar kemitraan yang dibentuk antara perusahaan, pemerintah, masyarakat serta lembaga swadaya masyarakat bisa lebih baik lagi kedepan.

“Jadi, ini demi kebaikan kita bersama, sehingga program CSR nanti benar – benar dapat tepat sasaran. Setelah ada evaluasi dan lainnya ini akan menjadikan hubungan yang lebih baik, kenyamanan berusaha dan kenyamanan masyarakat. Artinya, masyarakat merasakan manfaat yang cukup terhadap adanya keberadaan perusahaan,” ungkapnya.

Setelah Forum CSR terbentuk hari ini, lanjutnya, program awalnya adalah kami akan melakukan inventarisir, kira-kira kegiatan mana saat ini mungkin butuh dukungan dari perusahaan yang ada kaitan kebutuhan masyarakat. Tetapi akan kita kumpulkan terlebih dahulu, kemudian nanti tim forum CSR mengundang perusahaan untuk berdiskusi bersama guna merealisasikannya.

“Artinya, nanti kita akan lakukan semacam pengelompokan. Kira – kira perusahaan mana yang memang ada program kesana, sehingga bisa sinkron dan terkoordinir dengan baik, serta tidak kehilangan jejak. Karena mungkin selama ini banyak kegiatan yang dilakukan tapi tidak termonitor sama yang lain – lainnya,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda