Forkompinda dan Peserta Pemilu Sekadau Deklarasi Pemilu Damai

189

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kepolisian Resort Sekadau, Senin (11/3/2019) pagi, menyelenggarakan deklarasi pemilu 2019 yang damai dan berintegritas. Kegiatan ini melibatkan forkompinda, parpol, caleg dan tim pemenangan presiden-wakil presiden yang berada di Kabupaten Sekadau.

Dalam arahannya, Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi S.Ik menjelaskan bahwa deklarasi tersebut dilaksanakan serentak di seluruh Kalbar. “Tujuannya untuk menciptakan pemilu damai,” kata Kapolres.

Tahapan pemilu yang sudah memasuki masa kampanye dan menuju kampanye terbuka atau rapat umum, dinilai berpotensi memiliki eskalasi yang tinggi. Dengan eskalasi tersebut, dikatakan Kapolres, potensi konflik dalam pemilu akan meningkat.

“Salah satunya potensi konflik SARA, terutama dalam agama yang terjadi di beberapa daerah,” terang Anggon.

Ia berperan agar peserta pemilu menghindari isu pramodial, suku, agama serta pelanggaran kampanye.

Sementra itu, Bupati Sekadau Rupinus SH.M.Si menyatakan, meski proses tahapan pemilu berjalan, situasi di Sekadau sampai saat ini tetap kondusif.

“Kondisi aman dan damai merupakan cita – cita semua pihak. Kita harus saling menjaga, menghargai satu dengan yang lain, baik antar caleg dan parpol, maupun melalui media,” papar bupati.

Bupati meletakkan harapannya agar menjelang dan pasca pemilu kondisi Sekadau tetap aman dan kondusif. “Serta caleg dan parpol dipersiapkan menyamapaikan visi-misi, dan tidak menjelekkan caleg serta parpol lainnya,” pesan bupati.

Dalam kegiatan ini, parpol, caleg, tim dan forkompinda bersama aparat keamanan bersama-sama mengucapkan deklarasi pemilu damai sebagai wujud langkah untuk menciptakan pemilu yang kondusif dan aman di Kabupaten Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda