Fokus Pemulihan Ekonomi dan Tingkatkan Produktivitas Kerja, IIB Darmajaya Terjunkan 624 Mahasiswa PKPM dan KP Mandiri

7

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – IIB Darmajaya melepas 624 peserta Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) dan KP (Kerja Praktik) Mandiri semester genap tahun 2021, Senin (16/8).

Pelepasan ratusan peserta dilakukan secara daring melalui ruang pertemuan zoom dengan dihadiri Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah YA MBA M.Sc, jajaran Wakil Rektor 1, 2, 3 dan Dosen Pembimbing Lapangan.

PKPM kali ini mengambil tema ‘Lampung Economic Recovery Melalui Optimalisasi Digital Smart Solution Darmajaya’. Sedangkan KP mengusung tema ‘Meningkatkan Produktivitas Kerja di Era New Normal’.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, M.Cs menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras panitia sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

“Kegiatan PKPM dan KP dilaksanakan mandiri untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Anda akan berbaur dengan masyarakat dengan pengimplementasian hard dan softskill yang dimiliki,” ungkapnya.

Sri Lestari (biasa dia disapa) berharap, mahasiswa dapat membantu masyarakat di tengah pandemi dengan program kerja yang telah dibuat. “Tetap jalani program pemulihan ekonomi di lingkungan sekitar dengan menitikberatkan kepada UKM dan UMKM yang ada. Selamatt bertugas dan untuk mahasiswa yang KP juga selamat bekerja dalam meningkatkan produktivitas lingkungan kerja di tengah pandemi ini,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor 1 IIB Darmajaya, RZ Abdul Aziz, ST MT Ph.D mengatakan, PKPM sekarang adalah bagaimana mahasiswa melakukan recovery terhadap UKM dan UMKM di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

“Pandemi ini begitu dahsyatnya bukan saja Indonesia yang mengalami. Apakah kita siap untuk melakukan recovery di tengah pandemi ini, terutama dengan industri ini apakah bisa melakukan recovery dengan baik,” ucapnya.

Abdul Aziz menuturkan, IIB Darmajaya bergerak untuk membantu pemerintah dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi dengan mahasiswa mengimplementasikan yang selama ini telah dipelajari. “Pemerintah selalu mendorong untuk adaptasi ini agar dapat menghadapi problem-problem yang ada. IIB Darmajaya terpanggil untuk membantu dalam keadaan saat ini,” imbuhnya.

Dengan ilmu yang dimiliki mahasiswa, lanjut dia, skill yang telah didapat untuk membantu masyarakat terutama UKM dan UMKM dalam melakukan recovery.

“Saya berharap semua untuk bergerak dan membantu masyarakat. Anda adalah Dutanya Darmajaya maka jangan sampai mencoreng nama baik kampus, karena Anda adalah mahasiswa dari kampus terbaik di Lampung dan Indonesia. Selamat ber-PKPM dan KP di tempat kerja,” tuturnya.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can). Ir. H. Firmansyah YA MBA M.Sc menyampaikan bahwasanya dalam hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda khoirun nas anfa’uhum lin naas, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

“Kalian sudah dibekali dari kampus the best ilmu untuk menjalankan PKPM dan KP. Pergunakan untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat ilmu yang telah dimiliki,” ucapnya.

PKPM dan KP, kata dia, sebelumnya juga akan dilaksanakan dengan luring tetapi karena situasi dan kondisi terdapat peningkatan kasus Covid-19 maka dilaksanakan dengan daring. “Maka kalian harus menjalankan PKPM dan KP dengan protokol kesehatan secara ketat dan berkreasi, inovasi, dan solusi dalam melaksanakan kegiatan PKPM dan KP Mandiri,” ujarnya.

Rektor berpesan kepada mahasiswa selama PKPM dan KP Mandiri juga wujudkan nilai-nilai The Best ke masyarakat. “Saya juga berpesan kepada DPL untuk memantau anak-anak dengan juga memanfaatkan media sosial untuk kegiatan PKPM dan KP Mandiri. Sehingga masyarakat juga dapat melihat kegiatan pengabdian mahasiswa IIB Darmajaya,” tutupnya.

Adapun pelaksanaan PKPM dan KP Mandiri dimulai 16 Agustus hingga 16 September 2021. Total 624 peserta PKPM dan KP Mandiri dengan 539 mahasiswa menjalani PKPM dan 85 mahasiswa mengikuti kegiatan KP Mandiri di perusahaan tempatnya bekerja. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda