Faktor Kelelahan, 10 Anggota KPPS dan PTPS Muara Enim Dikabarkan Sakit

203

MUARA ENIM, BERITAANDA – Akibat kelelahan saat bertugas, 10 orang anggota KPPS dan PTPS di Kabupaten Muara Enim dikabarkan sakit. Bahkan, satu diantaranya terpaksa harus menjalani perawatan intensif di RS HM. Rabain Muara Enim.

Ketua KPU Muara Enim Ahyaudin mengatakan, bahwa semenjak pemilu berlangsung hari pencoblosan hingga sampai saat ini, dari laporan yang diterimanya secara lisan, untuk petugas pemilu di bawahnya ada sekitar 9 orang sakit akibat kelelahan, dan 1 orang harus dirawat di ICU RS HM. Rabain Muara Enim, yakni KPPS dari Simpang Tanjung.

“Sebagian besar mengalami demam karena kelelahan. Kalau yang lain demam biasa, dan mereka sudah berobat tidak sampai dirawat,” kata Ahyudin, Jumat (26/4/2019).

Dijelaskan Ahyaudin, saat ini rekapitulasi di tingkat desa sudah selesai maka para anggota KPPS yang sakit tersebut dapat beristirahat total. Tetapi ada perintah dari KPU RI meminta KPU kabupaten/kota untuk mendata dan melaporkan petugas yang sakit.

“Kita hanya menjalankan perintah, untuk kebijakan KPU RI kita tunggu saja. Namun yang pasti alhamdulilah di Muara Enim tidak ada yang sampai meninggal,” katanya.

Ahyaudin menegaskan, sudah 10 kecamatan di Kabupaten Muara Enim yang telah menyelesaikan rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan dan kotak suaranya akan digeser ke KPU Muara Enim. Sedangkan sebagian masih terus melakukan rekapitulasi di PPK.

Dan untuk yang masih melaksanakan tugasnya, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kepada para petugas untuk mengantisipasi anggota yang sakit.

“Alhamdulilah tim kesehatan sudah mendatangi PPK di kecamatan-kecamatan dan kepada petugas KPUD Muara Enim,” jelasnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda