Fachrori: Bersama Masyarakat Wujudkan Pemilu Aman dan Tenteram

271

JAMBI, BERITAANDA – Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menghadiri Rapat koordinasi nasional bidang kewaspadaan nasional dalam rangka pemantapan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 wilayah barat yang dibuka Menteri Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, di Ballroom E Golden Prawn Batam Kepri, Ahad (3/3/2019).

Gubernur Jambi usai mengikuti rakornas tersebut menyampaikan penyelenggaraan pemilu tahun 2019 di wilayah Provinsi Jambi dapat berjalan sukses dengan upaya bersama dengan pihak terkait.

“Masyarakat kita berjuang bersama upayakan aman dan tenteram,” ungkap Gubernur Jambi.

Gubernur mengharapkan semua pihak terkait secara bersama bekerja maksimal mewujudkan pemilu yang demokratis, dimana Provinsi Jambi merupakan daerah yang mampu menyelenggarakan pemilu secara baik.

“Kita (Jambi) merupakan negeri yang maju berkembang, bersaudara semua (penduduk), ada berita hoax harus bersama mengingatkan dan memberi semangat kepada mereka akan NKRI,” jelas Fachrori.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menjelaskan alasan perlunya rapat koordinasi nasional pemilu, karena penyelenggaraan pemilu merupakan pekerjaan bersama yang memiliki keterkaitan dalam kesuksesannya.

“Kita satu tim, bukan kerja sendiri-sendiri dalam penyelenggaraan pemilu,” ujar Wiranto.

“Pesta demokrasi tidak boleh saling menjelekkan, karena beda pilihan itu lumrah dalam demokrasi, memilih pemimpin yang harus bertanggung jawab pada rakyat,” tegas Wiranto lagi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menjelaskan, tujuan utama tidak semata-mata masalah kewaspadaan penyelenggaraan pemilu, akan tetapi tugas utama setiap lima tahun adalah bagaimana pemerintah secara bersama-sama membantu kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan pemilu.

“Ajak masyarakat menggunakan hak pilih dengan harapan target 78 persen partisipasi pemilu dari KPU dapat terpenuhi,” kata Tjahjo Kumolo.

Sementara Gubernur Kepulauan Riau Dr.H.Nurdin Basirun,S.Sos,M.Si menyampaikan, Batam Kepri menjadi tuan rumah acara nasional sangat diuntungkan dan diharapkan berlangsung sukses.

“Terima kasih acara nasional berlangsung di Batam berbahagia menjadi tuan rumah event nasional, disini aman, indah dan infrastruktur tersedia,” ungkap Gubernur Kepri.

Rakor juga diikuti TNI, Polri, Kejaksaan, Bupati dan Walikota, KPU dan Bawaslu serta pihak terkait pemilu di wilayah barat (Sumatera). (Inro)

Bagaimana Menurut Anda