Dukungan Bupati OKI ke Petugas Medis: Jangan Mengalah Menghadapi Covid-19

135

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dukungan dari pemerintah dan masyarakat adalah kunci semangat bagi para tenaga medis melawan virus corona. Dukungan itu bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari semangat hingga pada perhatian kepada mereka.

Untuk memberi dukungan kepada para tenaga medis yang berada di garis terdepan melawan corona, Bupati Ogan Komering Ilir H. Iskandar, SE mengunjungi langsung para petugas kesehatan di RSUD Kayuagung, Puskesmas Celikah dan ODP Center Teluk Gelam, Senin (18/5/2020).

Bupati Iskandar mengatakan, para tenaga medis, baik itu dokter, perawat atau petugas kesehatan lainnya harus tetap semangat dalam menghadapi pandemi ini. “Ibarat berlayar, saudara-saudara adalah nahkodanya, kami ada di belakang mendukung tugas rekan-rekan,” ungkap dia.

Iskandar mengharapkan agar pelayanan terhadap masyarakat yang ingin berobat tetap dioptimalkan. “Saya minta tenaga medis jangan mengalah menghadapi Covid-19 ini. Dokter harus semangat untuk menjaga dan merawat pasien,” ujar bupati.

Pengalaman hampir dua bulan ini, kata Bupati Iskandar, banyak yang dapat diambil untuk berbuat ke depan. Untuk itu, bupati berpesan agar para tenaga medis tidak terlalu khawatir dengan kondisi ini. “Yang penting, tetap junjung tinggi protokol kesehatan, jaga jarak, jaga kebersihan dan gunakan alat pelindung diri (APD) lengkap,” jelas Iskandar.

Sejumlah dokter dan perawat di RSUD Kayuagung menyampaikan harapan kepada Iskandar terkait ketersediaan APD dan suplemen vitamin untuk mereka.

“APD kami harap jangan sampai kosong Pak Bupati, juga suplemen bagi kami yang bertugas,” ujar salah satu dokter jaga IGD RSUD Kayuagung

Terkait ketersediaan APD ini, jelas Iskandar, memang ada keterlambatan dari pihak produsen karena banyaknya permintaan. Meski demikian, pintanya, agar para tenaga medis tetap tenang. Pemerintah berupaya maksimal memenuhi kebutuhan APD.

Jika memang APD tersebut menipis, maka harus segera diorder, dan jika produksi dari pabrik habis harus bisa diantisipasi.

“Kalau merasa kurang, bisa disampaikan. Kita harus kuat, dan semangat. Ini adalah pandemi global yang dialami seluruh dunia, ini adalah tugas kita bersama. Yakinlah bahwa virus ini akan segera berlalu, dan yakinkan pandemi ini segera berakhir,” terangnya.

Kepada petugas medis, Iskandar kembali mengingatkan selalu mengutamakan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 dan penggunaan APD untuk tetap menjaga tiga aspek, yaitu jaga jarak, jaga stamina, dan kesehatan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda