Berikan Kenyamanan Terhadap Pasien, Bupati Iskandar Tinjau PDP Center di Teluk Gelam

191

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Hotel Kembar yang terdapat di area wisata Danau Teluk Gelam disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) untuk antisipasi ledakan pasien akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Puluhan kamar disiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut, baik untuk pasien maupun tenaga medis.

Bupati OKI H Iskandar SE mengungkapkan, hal ini menjadi salah satu bentuk keseriusan pemkab dalam menanggulangi pandemi ini. Upaya percepatan penanggulangan ini juga dilakukan, mengingat pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah.

Pantauan di lapangan, Senin (18/5/2020), Hotel Kembar tersebut tengah dalam tahap renovasi. Informasi yang dihimpun, rehab ataupun renovasi ini akan selesai pada Juni nanti.

Dijelaskan bupati, tempat perawatan terpadu ini dibuat agar fasilitas kesehatan yang ada seperti rumah sakit ataupun Puskesmas tetap bisa melayani pasien seperti biasa. Dengan begitu juga, lanjut Iskandar, masyarakat ataupun pasien yang ingin berobat tidak merasa takut akan tertular virus corona.

“Rumah sakit itu nanti kita jadikan khusus untuk pasien rawat jalan dan rawat inap, yang sifatnya bukan Covid-19. Untuk pasien corona ada beberapa tingkatan itu berbeda perlakuannya,” kata Iskandar saat meninjau PDP Center di Teluk Gelam.

“Jadi ini sedang kita desain, nanti PDP pasien yang positif juga yang tanpa gejala atau ringan akan ditempatkan di PDP Center ini. Sementara yang berat, yang butuh penanganan alat teknis seperti ventilator itu, nanti tempatnya baru di rumah sakit,” jelasnya.

“Ini agar memberikan kenyamanan terhadap pasien, agar pasien umum merasa aman dan percaya bahwa saya berobat ke rumah sakit tidak akan tertular virus corona. Makanya, yang positif yang isolasi mandiri juga kita rekomendasikan untuk dialihkan atau diisolasi disini,” tambah bupati.

Masih kata Iskandar, pasien yang dirawat di ODP ataupun PDP Center ini tidak akan dipungut biaya. “Jadi mereka datang tinggal bawa pakaian saja. Makan ditanggung, obatnya, vitaminnya, dan lainnya ditanggung dan diajak untuk hidup sehat,” tegas bupati.

Ditegaskannya lagi, pelayanan di rumah sakit tidak boleh terhenti. Untuk itu, pemkab mengupayakan pembuatan PDP Center ini.

Selain PDP Center, lanjut Iskandar, fokus dari pemkab dan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten OKI juga pada penanggulangan jenazah pasien corona dan kendaraan ambulan untuk membawa pasien tersebut. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda