DPMD dan Poraparbud Sergai Kunjungi Potensi Desa Pesisir Pantai

265

SERGAI-SUMUT,BERITAANDA – Tim Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) bersama Dinas Poraparbud yang diwakili oleh Kabid Parawisata serta Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa dan Pendamping Desa, melakukan kunjungan ke Kampung Nipah wisata edukasi mangrove di Desa Sei Nagalawan Kecamataan Perbaungan, dalam rangka untuk kegiatan pembinaan dan pengembangan potensi kawasan pesisir pantai, Rabu (26/2/2020) sore.

Mereka yang berkunjung tersebut adalah Kabid UED Tiar Abdul Rahman Pangaribuan dan stafnya dari Dinas PMD Nur Intan Siregar, S.Pd, Kabid Parawisata dari Dinas Poraparbud Tengku Fahrizal Husni, pendamping desa Mhd Isa Lubis dan Sekdes Sei Nagalawan Hasanah dan didampingi oleh Herman, salah satu pengurus pengelola objek wisata Kampung Nipah.

Pada tahun 2011, kawasan hutan mangrove seluas lebih dari 6 hektare tersebut menjadi wisata mangrove, dengan paket edukasi untuk pengunjung seperti kelas mangrove, adopsi pohon, tracking, dan kelas pengolahan. Dimana kelas mangrove adalah sebuah program, mulai dari anak sekolah dan mahasiswa, dipandu untuk mendapatkan informasi seputar mangrove. Selain itu, pengolahan wisata mangrove semakin profesional dengan melibatkan nelayan.

Bermula pada tahun 2012, terbentuklah koperasi yang bernama KSU Muara Bain Bay yang beranggotakan 63 orang. Ketuanya Sutrisno, sekretaris Sulastri, bendahara Saniah. Sedangkan Jumiati duduk sebagai manajer wisata mangrove.

Sejak berdirinya koperasi tersebut, unit usaha KSU ini bertambah. Seperti unit simpan pinjam, jual beli ikan nelayan dan perahu wisata.

Koperasi KSU Muara Baim Bay telah memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi warga dan anggotanya, serta berhasil memberdayakan warga sekitar yang menjadi anggota, dan mereka sekarang punyak banyak kegiatan. Ada yang menjaga kantin, menjadi pemandu bagi pengunjung yang ingin melihat hutan mangrove, mengolah tumbuhan mangrove menjadi produk makanan, operator perahu wisata dan lain‑lain.

Sementara Kabid UED Sergai Tiar AR Pangaribuan mengatakan, semoga pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Sei Nagalawan bermitra dengan para pengurus pengelola wisata Kampung Nipah ini melalui Badan Usaha Milik Desanya (BUMDes), agar bisa meningkatkan penghasilan kelompok usaha yang tergabung pada kemitraan masyarakat. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda