Dinas Poraparbud Sergai Adakan Kunjungan Budaya di Kabupaten Siak

145

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Poraparbud) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengadakan kunjungan dalam rangka acara ‘Revitalisasi Budaya Tradisional Lokal’ di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Kadis Poraparbud Sergai Sudarno mengatakan, pada kunjungan tersebut menampilkan beberapa jenis kebudayaan lokal.

“Ini untuk meningkatkan hubungan silaturahmi pada bidang seni dan budaya, sekaligus melestarikan budaya lokal, khususnya budaya Melayu di Sergai,” pungkas Sudarno.

Sementara Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Kerukunan Keluarga Batak (Kerabat) Sergai yang juga turut serta, Drs Joni Walker Manik, MM menyampaikan, pada kunjungannya itu semakin memperkaya budaya lokal dan mempererat hubungan antara kedua daerah.

“Karena secara etnis mayoritas di Sergai adalah suku Melayu juga, maka dari itu melalui kegiatan ini kami ajak kepada semua pihak untuk dapat memelihara dan melestarikan peninggalan budaya, sehingga generasi muda kedepan dapat menentukan jati dirinya,” ucap dia.

Sementara Asisten Perekonomiam dan Pembangunan Kabupaten Siak Hendrisan, merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah membawa para pelaku budaya untuk melakukan kunjungan, dalam rangka menggali dan melestarikan budaya lokal, khususnya budaya Melayu.

Pada acara tersebut, rombongan Tim Poraparbud turut serta menghadirkan budayawan Sergai, diantaranya H. Poniman, Mahyudaniel, Emda Pratama, Suryo, Misran dan Nizar Purba. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda