Diduga Korsleting Listrik, Bangunan Milik Warga Lempuing Jaya Ini Terbakar

725

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Diduga akibat terjadi korsleting listrik pada alat penetas telur ayam, sebuah rumah tempat tinggal sekaligus dijadikan warung, pabrik padi, dan gudang penyimpanan padi nyaris ludes terbakar, Sabtu (7/3/2020) siang.

Terbakarnya ketiga bangunan yang menyatu dalam satu atap ini sontak cukup membuat heboh warga. Dari hanya menyaksikan, serta ada juga yang ikut turut membantu Tim Pemadam Kebakaran (Damkar), berjibaku menjinakkan kobaran api yang mengamuk sekira pukul 13.50 Wib tersebut.

Kendati begitu, dua dari tiga bangunan, yakni rumah juga warung dan pabrik padi milik Suyito (47) yang berada di Kampung 1 RT 02 Desa Muara Burnai 1 Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ludes terbakar. Hanya gudang penyimpanan padi yang berhasil terselamatkan.

Kepala Dinas satpol PP dan Damkar OKI, Abdurahman melalui sekretarisnya Syawal Harahap menjelaskan, pada pukul 13.50 Wib, Camat Lempuing Jaya, Hendra, menginformasikan bahwa ada kebakaran rumah di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lempuing Jaya OKI.

“Saat menerima informasi itu, kita sedang berada di Pos Damkar OKI, sehabis evakuasi ular kobra yang ada di Kelurahan Jua – jua. Sehingga mengerahkan 14 orang personel dengan 3 unit mobil Damkar menuju TKP. Tiba di lokasi pukul 14.20 Wib, dan langsung lakukan operasi pemadaman,” kata dia.

Butuh waktu selama 35 menit menjinakkan api dan pendinginan. Kata dia lagi, proses pemadaman disaksikan oleh Kades Muara Burnai 1, Firdaus, dan Polsek Lempuing Jaya.

Selanjutnya, lokasi yang terbakar langsung di police line. Untuk sumber api dugaan sementara dari korsleting listrik alat penetas telur ayam.

“Ketiga bangunan yang menjadi satu atap milik Suyito ini, terdiri dari rumah tempat tinggal sekaligus warung, pabrik padi dan gudang penyimpanan padi. Ukuran luas bangunan 20×30 meter, dan terbakar seluas 20×15 meter. Rumah dan pabrik terbakar, tetapi gudang dapat diamankan. Kerugian material diperkirakan Rp400 juta,” tandas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda