Diancam Lewat Medsos, IWO OI Dukung Ketua PWI OI Tempuh Jalur Hukum

271
Ketua IWO OI Adiwinata dan Ketua PWI OI saat mengikuti kegiatan FGD yang digelar Polres Ogan Ilir beberapa waktu yang lalu.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Ikatan Wartawan Online (IWO) Ogan Ilir (OI) mendukung langkah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) OI, Yasandi, untuk melaporkan pemilik akun media social [medsos] yang melakukan pengancaman terhadap dirinya.

“Sebagai sesama wartawan dan organisasi profesi, kami mendukung langkah Ketua PWI OI untuk melanjutkan kasus ini ke ranah hukum. Kalau kasus ini dibiarkan, jelas akan merusak citra dan wibawa pers di masyarakat,” kata Ketua IWO OI, Adiwinata, Sabtu (21/8).

Menurut Adi, apa yang dilakukan pemilik akun medsos itu jelas menunjukkan ketidakpahamannya terhadap tugas wartawan. Jika kasus ini berlanjut, dirinya berpesan agar pemilik akun tersebut siap-siap menjalani sanksi hukum yang berlaku.

“Bila perlu IWO OI juga akan ikut melaporkan kasus ini ke polisi, karena sebagai sesama wartawan kami menilai kasus ini merupakan bentuk penghinaan terhadap profesi, bukan lagi atas nama pribadi,” ujarnya.

Dirinya khawatir, kasus-kasus serupa akan terus terjadi terhadap wartawan karena ketidakpahaman oknum masyarakat maupun pejabat, bagaimana sesungguhnya tugas wartawan.

“Memang banyak yang belum paham dengan tugas wartawan, baru dikonfirmasi saja sudah marah-marah. Diberitakan jelek tidak senang, giliran diajak bermitra juga tidak mau. Jadi serba salah kita ini,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua PWI OI menerima ancaman dari pemilik akun media sosial atas nama Jhoty Pnyoe Andi. Diduga, kasus ini merupakan buntut dari gencarnya pemberitaan kasus dugaan intimidasi kepada salah seorang wartawan perempuan, oleh oknum kepala desa di OI. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda