Desa Makmur Wakili Sergai di Ajang KP-SPAMS Tingkat Sumut

505

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Desa Makmur Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terpilih sebagai Desa Kelompok Pengelola Sistim Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) sejahtera setelah melalui proses evaluasi tingkat kabupaten, dan berhak mewakili Kabupaten Sergai mengikuti lomba KP-SPAMS tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019.

Tim Penilai Lomba dipimpin langsung oleh Drs. Chandra Silalahi, M.Si selaku Kepala Bidang Pembangunan Kawasan Perdesaan (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), didampingi oleh Dra. Syafrida (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), Dolfini Simanjuntak, ST (Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang), Murni Sari, SKM (Dinas Kesehatan) dan Maylisda Yanti (ROMS Pamsimas) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan penilaian tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (24/7/2019).

Dengan pertimbangan efisiensi dan efektivitas, kegiatan penilaian tersebut dimajukan satu hari.

Dengan persiapan yang telah dimatangkan bersama pemerintah desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Fasilitator Pamsimas, kegiatan penilaian dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai harapan tanpa ada kendala apapun.

Lomba KP-SPAMS tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 tersebut memperebutkan hadiah yang dirasakan lebih dari cukup untuk dapat dimanfaatkan guna pengembangan SPAMS desa. Sedangkan total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp100 juta untuk 6 KP-SPAMS terbaik dari seluruh Provinsi Sumatera Utara.

Ini sebagai bentuk kerja nyata dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam menyelenggarakan program pasca pamsimas dan sanimas yang selaras dengan salah satu nawacita dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, yakni membangun Indonesia dari desa.

Pada rangkaian penilaian tersebut diawali dengan opening ceremony berupa sambutan dan ucapan selamat datang oleh Samsul Sijabat SE MM selaku Kepala Bidang Usaha Ekonomi Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan yang hadir bersama Nansha Ramadhana Yatuhidika, SE M.Si selaku Kepala Seksi Pembangunan Kawasan Perdesaan dan Pengentasan Kemiskinan, mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Serdang Bedagai.

Turut hadir pada acara tersebut unsur Dinas Kesehatan dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Serdang Bedagai.

Hal ini sebagai bentuk komitmen dari Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dalam memberikan pendampingan dan fasilitasi sejak proses perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi demi tersedianya akses air minum dan sanitasi layak bagi seluruh masyarakat desa sebagai salah satu dari 21 peraihan yang telah dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai.

Saprik SE selaku Kepala Desa Makmur memaparkan secara singkat tentang gambaran umum dan profil Desa Makmur.

Kegiatan penilaian dilanjutkan dengan penjelasan oleh ketua tim penilai tentang alur kegiatan yang terdiri dari pemaparan dan presentasi, diskusi dan wawancara.

Kegiatan opening ceremony ditutup dengan presentasi dan diskusi oleh Edi Purnomo selaku Ketua KP-SPAMS seputar profil, pengelolaan hingga capaian kinerja KP-SPAMS yang telah dibangun sejak tahun 2017.

Puncak kegiatan penilaian dilakukan dengan peninjauan langsung ke lokasi pembangunan, jaringan perpipaan, kantor dan Sekretariat SPAMS, hingga sambungan rumah tangga sebagai konsumen yang dilayani oleh KP-SPAMS.

Akhirnya, beberapa kesimpulan dan saran telah diberikan kepada KP-SPAMS untuk tetap komitmen dalam melakukan pemeliharaan dan pengembangan SPAMS melalui kerjasama dengan pihak ketiga maupun integrasi dan kolaborasi dengan pemerintah desa, agar mampu menjangkau dan melayani seluruh masyarakat Desa Makmur.

Tak luput pula saran yang sangat membangun diberikan kepada segenap pengurus KP-SPAMS untuk menyempurnakan setiap proses administrasi, pengelolaan dan pertanggung jawaban demi tercapainya tata kelola yang akuntabel, transparan, dan reliabel untuk meningkatkan kinerja KP-SPAMS dan tingkat kepercayaannya. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda