Dengan Menggunakan ADD, Pemdes Sukajadi Bangun SPAL Untuk Masyarakat

253

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukajadi Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara kerjakan saluran pembuangan air limbah (SPAL) sepanjang 45 meter di Dusun I dengan menggunakan anggaran dana desa (ADD) sebesar Rp19.625.000 yang bersumber dari APBN tahun 2019, Sabtu (18/5/2019).

Misroh selaku Kepala Desa (Kades) Sukajadi saat awak media menghampiri di lokasi pengerjaan tersebut mengatakan, bahwa pengerjaan ini dikerjakan secara swakelola.

“Para pekerjanya oleh masyarakat dusun, dan fungsinya SPAL ini dibangun untuk mengalirkan air limbah rumah tangga, seperti sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain, sehingga air limbah tersebut dapat mengalir ke tempat pembuangan yang aman atau dapat juga meresap ke dalam tanah dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitarnya,” ungkap Misroh.

Kades Sukajadi juga menyebutkan pembangunan SPAL apabila bila musim penghujan tiba, air hujan maupun limbah rumah tangga yang menggenang di seputaran jalan di Dusun I ini bisa menampung, sehingga tidak melimpah dan mencemari para warga yang tinggal di seputaran jalan Dusun I. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda