Darurat Teluk Pering di Beltim, Pemerintah Daerah Kemana?

241

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Nelayan Teluk Pering Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur (Beltim) keluhkan alur (Teluk Pering) yang sudah sangat dangkal, sehingga menghambat kelancaran pulang pergi dari laut.

Jakpar (62), salah satu nelayan mengatakan, dirinya sangat berharap kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan nasib mereka, khususnya kendala yang dialami oleh para nelayan Teluk Pering Kelapa Kampit.

“Kami (nelayan Pering Kelapa Kampit) sangat berharap ada pihak (pemerintah/swasta -red) yang mau peduli pada kami. Alur ini sudah sangat dangkal, sehingga menyulitkan bagi kami untuk pulang pergi melaut,” ungkap Kik Japok, panggilan akrabnya, Sabtu (24/8/2019).

Kik Japok kembali memaparkan, Teluk Pering tersebut sering menjadi pangkalan puluhan perahu kater serta perahu bot yang beroperasi sepanjang tahun.

“Disinalah (Teluk Pering -red) pangkalan kami para nelayan setiap hari. Jika keadaan alur ini terus mendangkal, maka aktifitas melaut sudah pasti terhambat. Sedangkan melaut adalah sumber penghasilan rezeki bagi kami untuk keluarga,” ujar Kik Japok.

“Banyak masalah yang timbul akibat dangkalnya alur ini. Pernah terjadi ada orang yang sakit pada saat mancing di laut, kemudian segera dibawa pulang dari tengah laut. Dan pada saat mau menepi merapat ke pantai terkendala dengan dangkalnya alur ini. Seperti ini lah pak, darurat jika ada yang sakit di tengah laut,” ujarnya. (Helmi)

Bagaimana Menurut Anda