Darma Wijaya: Merusak Lingkungan Hidup Sama Saja Mencelakakan Diri Sendiri

409

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) menghadiri acara kegiatan Negeri Elok Pecinta Alam (Nepal) yang dikemas dalam perkemahan dan penanaman pohon, bertempat di objek wisata Pantai Cermin, Kecamatan Pantai Cermin, Sabtu (23/11/2019) malam.

Pembukaan acara tersebut ditandai saat Wabup H. Darma Wijaya membelah kayu di lokasi kegiatan, sembari menyampaikan, terkait dengan lingkungan hidup tentu erat kaitannya dengan pelestarian lingkungan. Akan tetapi, lanjutnya, di era globalisasi ini tidak bisa disanggah lagi bahwa segala aktivitas yang dilakukan masyarakat modern sangat bergantung kepada ketersediaan energi hampir di semua sektor kegiatan.

“Energi menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Oleh karena itu, kemajuan suatu negara atau daerah akan sangat tergantung dengan kecukupan ketersediaan energi di negara atau daerah itu,” kata dia.

Ia menjelaskan bahwa di negara-negara maju, sangat memadai untuk melakukan kegiatan di berbagai bidang yang bisa diandalkan untuk membangun bangsa dan lainnya. Namun dalam pengadaan energi tentu saja memperhatikan faktor kelestarian lingkungan hidup, karena lingkungan tempat makhluk hidup tidak kalah pentingnya dari kebutuhan-kebutuhan hidup lainnya.

“Merusak lingkungan hidup, sama saja mencelakakan diri sendiri. Lingkungan hidup suatu daerah akan sangat berkaitan dengan negara atau daerah lain, karena kita tinggal di bumi yang sama. Dengan demikian, baik negara maupun daerah berkewajiban untuk memperhatikan dan mencegah hal-hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan lingkungan hidup,” tegas dia.

Lanjut dia, dampak kerusakan lingkungan hidup seperti pemanasan global, saat ini sudah mulai dirasakan di berbagai belahan bumi. Seperti terjadinya peningkatan suhu udara, permukaan air laut naik, terjadinya perubahan iklim yang kini sudah terjadi di beberapa tempat termasuk Indonesia. Kesemua itu karena lingkungan tempat manusia dan makhluk hidup lainnya sudah tercemar dan kerusakan lingkungan lainnya.

“Jika penyebab pemanasan global ini tidak ditanggulangi untuk ditekan sekecil mungkin, tentu kerusakan lingkungan yang sudah terjadi ini akan semakin parah, yang akibatnya juga akan merugikan semua makhluk hidup termasuk manusia,” kata dia.

Wabup juga memberikan apresiasi atas aksi kegiatan penanaman pohon dan pembersihan sampah di sekitar pantai.

“Semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana secara berkesinambungan, sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga,” katanya.

Pada acara tersebut juga dihadiri Kadis Lingkungan Hidup H. Panisean Tambunan, S.Sos beserta jajaran, tokoh masyarakat, camat dan peserta yang akan melakukan kegiatan perkemahan.(Dipa)

Bagaimana Menurut Anda