Dankormar Hadiri Rapim TNI-Polri Tahun 2020

251

JAKARTA, BERITAANDA – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) menghadiri rapat pimpinan (rapim) TNI dan Polri tahun 2020, bertempat di Gor Ahmad Yani Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/1/2020).

Kegiatan rapim TNI dan Polri yang akan dilaksanakan sehari penuh tersebut dibuka secara langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, SIP bersama Kapolri Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si didampingi Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE MM, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE MM dan Waksad Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Rapim TNI-Polri 2020 kali ini diikuti oleh 359 peserta terdiri dari 186 pejabat Mabes TNI dan angkatan serta 173 pejabat Polri dengan mengangkat tema ‘Dilandasi Profesionalitas, Soliditas, dan Sinergisitas, TNI-Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak tahun 2020 Serta Mengawal Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menuju Indonesia Maju’.

Dalam sambutannya, Panglima TNI menyampaikan bahwa tujuan rapim TNI-Polri adalah mewujudkan kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak para peserta sesuai tupoksi masing-masing serta meningkatkan profesionalitas, sinergi, soliditas TNI-Polri.

Lebih lanjut Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa, TNI dan Polri wajib mewaspadai kerawanan pemilu, politik identitas, dan disrupsi sosial serta mengingatkan terkait netralitas aparat keamanan.

“Juga mengamankan bencana alam, karena musim hujan dan selanjutnya kekeringan. Dan mengamankan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan,” ucap Panglima TNI.

Rangkaian kegiatan rapim TNI akan diisi dengan pembekalan oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Pemuda dan Olah Raga, Panglima TNI, Kapolri, Kepala BMKG, Kepala BNPB, Asops Kapolri, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu.

Selain Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), juga dihadiri para pejabat di jajaran Korps Marinir antara lain Danpasmar 1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han), Danpasmar 2 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ipung Purwadi, serta Danpasmar 3 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos MM. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda