Dankolatmar Tinjau Materi Aplikasi Poskolat Lattap Kemampuan Kepelatihan Prajurit Kolatmar

330

PASURUAN-JATIM, BERITAANDA – Komandan Komando Latih Korps Marinir Kolonel Marinir Suliono, SE meninjau materi latihan aplikasi mendirikan poskolat di Puslatpurmar 3 GratiĀ Pasuruan, Kamis (30/01/2020).

Materi aplikasi lapangan mendirikan pos komando latihan (poskolat) dalam Latihan pemantapan kemampuan kepelatihan prajurit Kolatmar tahun 2020 dilaksanakan secara bersamaan untuk semua kelas spesialisasi pada satu tempat, di lapangan apel Puslatpurmar 3 Grati Pasuruan.

Setiap kelas spesialisasi mendirikan 1 (satu) poskolat, sehingga ada 6 poskolat (spesialisasi Tik Opsrat, spesialisasi Tik Opfib, spesialisasi IMMP, spesialisasi Mountenering, spesialisasi Senbanif dan spesialisasi Menembak).

Keenam posko tersebut lengkap dengan papan peta dan cat yang menjelaskan mekanisme proses pelaksanaan latihan sesuai dengan spesialisasi kelas masing-masing.

Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, SE meninjau langsungĀ keenam poskolat yang didirikan oleh para peserta lattap.

Pada saat peninjauan tersebut, para peserta di tiap-tiap poskolat ditunjuk secara acak untuk menjelaskan dan memaparkan tentang poskolat, dan tentang rencana kegiatan latihan yang akan dilaksanakan oleh tiap poskolat sesuai kelas spesialisasi masing-masing.

Hal ini ditujukan untuk mengetahui secara langsung sejauh mana materi poskolat dalam lattap kemampuan kepelatihan dapat diserap dan dipahami oleh para peserta.

Komandan Kolatmar juga memberikan masukan dan mengevaluasi ditiap-tiap poskolat yang telah ditinjaunya.

Beberapa hal yang menjadi perhatian diantaranya adalah tentang urutan papan cat yang menjelaskan mekanisme proses pelaksanaan latihan, pembenahan administrasi latihan, adanya penambahan maket latihan sebagai sarana untuk mengambarkan situasi medan di peta dengan medan latihan yang sebenarnya, serta perlu adanya kreatifitas dalam pembuatan poskolat.

Poskolat adalah tempat dan sarana untuk bisa memanuver semua kegiatan latihan.

Turut hadir dalam kunjungan Komandan Kolatmar pada materi mendirikan poskolat tersebut para Perwira Staf Kolatmar, Komandan Puslatpurmar 3 Grati, Komandan Kompi Markas Kolatmar dan para Perwira Puslatpurmar 3 Grati Pasuruan. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda