Dandim 0402/OKI-OI Ingin Makodim Jadi Objek Wisata Edukasi dan Buat Masyarakat Dekat dengan TNI

278

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI-OI Letkol Inf. Riyandi menuturkan, membangun kemandirian di lingkungan sendiri dapat menjadi simultan untuk menuju kemandirian negara. Untuk itu, hal ini menjadi salah satu misi yang ingin dibentuk oleh orang nomor satu di satuan Kodim wilayah 2 kabupaten ini.

“Dalam misi saya memimpin ini, saya ingin mempelopori usaha untuk mengatasi kesusahan rakyat disekitar,” katanya saat ditemui wartawan di Makodim 0402, Kayuagung, Kamis (31/1/2019).

Menurutnya, pada beberapa kesempatan dirinya bertugas di berbagai satuan di berbagai wilayah dirinya mempelajari dan mencoba membuat program membangun dari pekarangan rumah. Untuk itu, dirinya juga telah menginstruksikan kepada koramil-koramil untuk membuat polibag tanaman untuk ditanam di pekarangan yang diharapkan juga dapat diterapkan di masyarakat.

Kemandirian masyarakat Indonesia sangat dibutuhkan untuk itu dimulai dari rumah, pekarangan. “Ada yang harus dihilangkan, yaitu budaya malas. Jangan cuma berpikir uang, tapi pikirkan juga manfaat,” ujarnya.

Di Makodim sendiri, Riyandi juga telah menginstruksikan agar membuat polibag sehingga ini dapat mengedukasi masyarakat. Karena dirinya menginginkan agar Makodim ini menjadi objek wisata edukasi dan membuat masyarakat dekat dengan TNI.

Misi-misi ini, menurutnya, akan dilaksanakan disamping meningkatkan wawasan kebangsaan rakyat OKI dan OI tentang lingkungan dan strategi saat ini. Dirinya melihat, saat ini Indonesia sedang dijajah walaupun penjajahan ini bukan seperti dulu, tapi kini dijajah dengan politik, adu domba, narkoba, ekonomi hingga sosial dan budaya.

“Indonesia merdeka karena persatuan, bukan suatu kaum atau suku. Dihadapan dengan sekarang, Belanda (dulu) menggunakan politik adu domba, jadi tidak jauh beda dengan sekarang. Coba kita lihat bagaimana dulu dengan legowo menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bukan bahasa Jawa,” jelasnya.

Dirinya juga mencontohkan, dengan adanya beberapa negara yang kacau karena politik adu domba ini. Indonesia ini negara besar, dan di tahun 2045 nanti Indonesia sempat diprediksi akan menjadi yang terbaik, tapi ada pihak-pihak yang tidak menghendaki hal ini, sehingga ada banyak hal yang dilakukan untuk memecah belah negara ini.

Masih kata Letkol Inf. Riyandi, perang terhadap narkoba juga menjadi misi dari Kodim ini. Hal ini sendiri juga telah dinyatakan oleh Presiden RI, Joko widodo.

“Presiden menyatakan narkoba ini musuh negara, artinya apa yang menjadi musuh negara juga merupakan musuh TNI,” tandasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda