Dalam Rangka Harhubnas, KUPP Manggar Bersih-bersih Pantai

333

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019, Kantor UPP Kelas lll Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melaksanakan berbagai kegiatan, Kamis (12/9/2019).

Seperti melakukan gerakan besih laut dan pantai yang dilakukan di Pantai Serdang Manggar, yang dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik kelautan terbesar kedua di dunia.

Kepala Kantor UPP Kelas lll Manggar Yudi Kusmiyanto MM Tr M.Mar.E mengatakan, berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inapalas) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun. Sebanyak 3,2 juta ton sampah plastik dibuang ke laut.

“Kita tahu sampah plastik begitu berbahaya bagi keberlangsungan ekosistim di laut, untuk itu pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan bertekad dan menargetkan penurunan sampah plastik di laut hingga 70 persen pada tahun 2025,” papar Yudi.

Lebih lanjut Yudi menegaskan, melalui gerakan ini mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membersihkan laut dan pantai di sekitar lingkungannya, agar terjaga dari kerusakan lingkungan dan pengendalian pencemaran laut dan pantai.

Yudi Kusmiyanto melanjutkan, dari hasil bersih pantai yang berhasil dikumpulkan berupa sampah organik dan sampah non organik sebanyak plastik 117 Kg, sampah daun 152 Kg, serta kayu 194 Kg.

“Total sampah yang berhasil kita kumpulkan mencapai 463 Kg,” pungkas dia. (Helmi)

Bagaimana Menurut Anda