Cari Kesepakatan Bersama, BPBD Sekadau Adakan Rakor Karhutla

233

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Rabu (24/7/2019) pagi, mengelar rapat koordinasi (rakor) penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2019, yang dibuka Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH M.Si serta dihadiri sejumlah forkompinda dan pihak yang dilibatkan.

Dalam arahannya wabup menyatakan, dengan memperhatikan tujuan dilaksanakan rakor ini untuk mengoptimalkan rencana pengendalian karhutla dari dampak masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar.

“Harus ada koordinasi, jagan sampai masyarakat membuka lahan disuruh oleh perusahaan. Setelah dibakar, lalu diserahkan kepada perusahaan,” tegas Wabup Aloysius.

Sementara itu, langkah pemerintah daerah dalam penanganan karhutla, dijelaskan wabup, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Bupati Sekadau tentang masa siaga, SK tentang status siaga bencana karhutla, serta pembentukan komando siaga penanggulangan bencana karhutla.

Dari ketiga langkah yang diambil, lanjut wabup, pemerintah daerah membentuk Tim Satgas Karhutla di empat desa, terdiri dari 9 personel TNI, 2 personel Polri, 1 anggota BPBD dan 2 masyarakat.

“Pembentukan Tim Karhutla di 4 desa ini sesuai perintah pemerintah provinsi,” ungkapnya.

Wabup juga menjelaskan bahwa rakoor dalam rangka menentukan kesepakatan bersama dalam penanganan karhutla dengan isi mengatur aktifitas masyarakat dalam pembukaan lahan pertanian.

“Sosialisasi karhutla kepada masyarakat diharapkan bersungguh-sungguh, sehingga timbul kesadaran akan bahaya karhutla,” tukas kandidat kuat Bupati Sekadau di pilkada 2020 itu.

Sementara itu, Plh Kepala Pelaksana Harian BPBD Afronius Akin Sehan S.Pd, M.Si menjelaskan, maksud kegiatan ini untuk mengurangi dampak kabut asap yang tersebar di udara, sehingga tidak berbahaya bagi masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini untuk menggerakan seluruh jajaran di Pemkab Sekadau dan masyarakat agar bersama-sama berupaya mencegah karhutla,” kata Afron.

Lahan gambut di Kabupaten Sekadau terdapat di Desa Peniti, Sungai Kunyit, Landau Kodah, Boti, Nanga Mantrab, Setawar, Mungguk, Timpuk, Tapang Semadak, Gonis Tekam dan Entabuk Sui Ayak III, Sungai Ayak I, Merbang dan Entajak. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda