Wabup Aloysius Serahkan KUA-PPAS APBD 2020 Sekadau ke Dewan

176

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau melalui Wakil Bupati Aloysius SH.M.Si menyerahkan nota pengantar Kebijakan Umum Anggaran (KUA), Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2020, Rabu (24/7/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam paripurna ke-3 masa persidangan ke-III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sekadau.

Ketua DPRD Sekadau Albetus Pinus S.Sos MH dalam pembukaan paripurna menjelaskan, bahwa KUA-PPAS merupakan langkah awal rancangan pendapatan daerah agar dapat berjalan lancar, dengan harapan KUA-PPAS bermanfaat bagi pembangunan Sekadau.

“KUA-PPAS disinkronkan dengan program dan kebijakan pemerintah pusat,” papar Pinus.

Sementara itu, Wabup Aloysius menerangkan bahwa berdasarkan Pasal 310 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah diamanatkan kepala daerah menyusun KUA dan PPAS yang didasarkan pada rencana kerja pemerintah daerah.

“Selanjutnya disampaikan kepada DPRD untuk dibahas bersama sebagai wujud dari implementasi fungsi anggaran DPRD sesuai ketentuan Pasal 152 UU tentang pemerintah daerah,” ungkap Wabup Aloysius.

Dikatakan Wabup, rancangan KUA-PPAS 2020 disusun dalam rangka melaksanakan kewajiban pemerintah daerah guna menjalankan urusan wajib dan urusan pilihan yang menjadi kewenangan daerah.

Kebijakan tersebut, dijelaskan wabup, memperhatikan program prioritas yang dicanangkan dalam rencana kerja pemerintah daerah tahun 2020 sesuai Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2019 yang telah disinkronisasikan dengan program prioritas pemerintah.

“Juga kondisi lingkungan internal terkait perekonomian Sekadau dengan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,84 persen dan pelaksanaan pilkada serentak,” tukasnya.

Selain itu, KUA-PPAS juga memperhatikan kebijakan nasional terkait dengan dana transper pusat yang diarahkan pada belanja yang lebih produktif dan berbasis kinerja, serta dukungan pencapaian target prioritas pembangunan nasional. Dengan fokus pada kegiatan yang berorientasi produktif dan memiliki manfaat untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, pelayanan publik, dan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Rancangan KUA dan PPAS tahun anggaran 2020 juga disusun mengacu pada sasaran, arahan, dan kebijakan pembangunan tahun 2020, yaitu pemerataan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung pembangunan daerah yang berkualitas,” pungkas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda