Busman Tipu dan Gelapkan Motor Dinas Milik Kades Bumi Agung

1354

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Akibat menipu dan menggelapkan 1 unit sepeda motor dinas jenis Honda Versa milik korban Iswanto (47) yang merupakan Kepala Desa (Kades) Bumi Agung, Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Busman (50) diciduk aparat kepolisian.

Sebelum melakukan aksinya, pria yang tercatat merupakan warga Desa Gedung Rejo Kecamatan Belitang 1 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ini, pada Ahad (5/5/2019) lalu pukul 09.30 Wib, datang bertamu ke rumah korban Iswanto di Dusun 1 Desa Bumi Agung Lempuing, OKI.

“Saat pamit pulang, pelaku lalu meminjam sepeda motor dinas jenis Honda Versa nopol BG 6452 KZ plat merah milik Kades Bumi Agung, Iswanto,” ungkap Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah, Jumat (31/1/2020).

Karena percaya lantaran pelaku berjanji akan kembalikan pada sore harinya. Kata dia lagi, korban mau meminjamkan sepeda motor miliknya kepada pelaku. Namun tak kunjung juga dikembalikan, hingga korban beberapa kali menghubungi pelaku melalui seluler.

“Saat ditanya perihal itu, pelaku mengatakan kepada korban bahwa sepeda motor telah ia gadaikan kepada orang lain sebesar Rp3,5 juta. Dan pelaku meminta bantu uang kepada korban untuk menebus sepeda motor yang sudah digadaikan tersebut,” tandas dia.

Masih kata dia, korban lalu berikan bantuan dengan dua kali kirimkan uang masing-masing Rp 1,5 kepada pelaku untuk menebus motor dinasnya yang tergadai. Tetapi sepeda motor beserta uang korban pun tidak kembali.

“Sadar merasa tertipu atas kejadian tersebut, maka korban melaporkan kejadian penipuan dan penggelapan sepeda motor miliknya ke Polsek Lempuing, guna untuk mengungkap keberadaan pelaku dan sepeda motor dinas miliknya,” tukas dia.

Lalu tadi malam sekira pukul 01.00 Wib, atas dasar laporan korban dan pemeriksaan saksi – saksi, lanjut dia, Tim Macan Komering Polsek Lempuing dipimpin Kapolsek AKP Darmanson didampingi Kanit Reskrim IPDA M Indra Gunawan langsung melakukan upaya penangkapan terhadap pelaku Busman.

“Pelaku berhasil ditangkap di kediamannya di Desa Sidomulyo Kecamatan Belitang I OKU Timur, yang kala itu bersembunyi di atas plafon rumahnya. Dan setelah diinterogasi, sepeda motor Honda Verza warna hitam dinas milik korban sudah digadaikan dengan orang lain,” imbuh dia.

“Tetapi si penadah tidak berhasil diamankan dan saat ini jadi DPO. Namun barang bukti 1 unit sepeda motor milik korban berhasil diamankan di rumah pelaku. Selanjutnya pelaku Busman dan barang bukti dibawa dan diamankan di Mapolsek Lempuing guna proses hukum lebih lanjut,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda