Bupati Tapsel Terima Kunker Kepala BNNP Sumut

189

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M. Pasaribu bersama Kepala BNNK Tapsel AKBP Siti Aminah Siregar, menyambut kunjungan Kepala BNNP Sumut di aula Sarasi II, lantai II, kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof Lafran Pane, Sipirok, Rabu (18/9/2019).

“Salah satunya upaya dalam memerangi narkoba adalah dengan membangun sebuah kolaborasitas dan sinergitas unsur pemerintah dan stakholder lainnya. Sebab, sering didengar musuh atau ancaman dunia termasuk daerah atau bangsa adalah narkoba,” kata Syahrul mengawali sambutannya.

Bahkan, lanjut dia, pimpinan di tingkat nasional telah sering menyebut bahaya narkoba ini dapat merusak generasi, sehingga keberlangsungan bangsa sulit dijamin di hari-hari kemudian. Tentunya hal ini menjadi renungan bagi kita untuk dapat berbuat dalam memerangi bahaya narkoba.

“Dalam hal ini, Pemkab Tapsel bersama BNNK Tapsel terus berupaya dengan banyak melakukan langkah-langkah bagaimana dalam menanggulangi dan memerangi narkoba ini,” tuturnya.

Untuk itu, bupati mengajak tanamkan mindset berpikir kepada anak-anak kita bahwa narkoba dan sejenisnya menjadi sesuatu musuh bersama yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan yang berdampak buruk, bahkan berbahaya bagi generasi-generasi selanjutnya.

Kepala BNNP Sumatera Utara (Sumut) Brigjen Pol Atrial menjelaskan, selain memperkenalkan diri sebagai Kepala BNNP Sumut, maksud dan tujuan kunjungan kerjanya adalah untuk mensosialisasikan rencana aksi nasional P4GN sesuai dengan Inpres Nomor 6 Tahun 2018.

“Presiden telah menginstruksikan kepada para pejabat ke 10 lembaga, baik pusat maupun daerah, termasuk kepala daerah untuk memerangi darurat narkoba dengan melaksanakan rencana aksi nasional Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),” ungkapnya.

Atrial menambahkan, pada tahun 2017 berdasarkan data dari Puslidatin BNN sebanyak 1,77% atau sekitar 2,63 juta jiwa telah terpapar dengan narkoba, dan di Sumatera Utara angka prevalensi penyalahgunaan narkoba sebanyak 2,53% atau 256.000 jiwa, dimana Sumatera Utara masuk peringkat kedua setelah Jakarta.

Dipenghujung acara dirangkaikan dengan penyerahan cinderamata dari Kepala BNNP Sumut kepada Bupati Tapsel yang juga dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Bupati Tapsel kepada Kepala BNNP Sumut.

Tampak hadir Forkopimda Tapsel, Wakil Walikota Padangsidimpuan, Ketua DPRD Tapsel dan Padangsidimpuan, Bupati Paluta diwakili Sekda, Bupati Tapteng diwakili Asisten I, Kaban Kesbangpol Tapsel dan Padangsidimpuan, serta tamu undangan lainnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda