Bupati Rupinus Pesan Masyarakat Tak Golput di Hari Pemilihan

182

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus SH.M.Si meminta semua masyarakat yang sudah memiliki hak pilih dalam pemilu untuk tidak golput pada hari pemilihan. Hal ini diungkapkan bupati pasca deklarasi pemilu damai dan berintegritas di Mapolres Sekadau, Senin (11/3/2019).

“Kapolri dan panglima melalui baleho mengajak agar masyarakat tidak golput dalam pemilu, meski mereka selaku aparat tidak memiliki hak pilih dalam pemilu,” kata Bupati Rupinus kepada sejumlah wartawan.

Bupati meletakan harapanya kepada masyarakat Kabupaten Sekadau yang telah memiliki hak pilih dalam pemilu untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam memberikan hak suara pada hari pemilihan.

Rupinus juga menghimbau agar masyarakat tidak terpecah belah dalam situasi politik pemilu yang dapat menciptakan kondisi tidak kondusif. Menurutnya, masyarakat bisa saja berbeda pilihan dalam pemilu, namun harus tetap memegang teguh prinsip persatuan dan kesatuan dan memaknai pemilu sebagai sebuah proses demokrasi dalam rangka menentukan wakil-wakil dan pemimpin bangsa.

Ia juga mengingatkan agar unsur pemerintahan, baik aparatur sipil negara (ASN), pemerintahan desa dan kepala desa (kades) tidak terlibat politik praktis dalam pemilu.

“Dugaan pelanggaran pemilu oleh kepala desa yang ditangani Bawaslu, nanti akan dilihat pelanggaran apa, bisa saja disanksi secara administrasi atau sanksi terberat dilakukan pergantian,” beber Rupinus.

Terakhir, selaku kepala daerah, Rupinus berpesan agar semua pihak turut serta mensukseskan pemilu dan menjaga situasi yang aman dan damai selama ini di Kabupaten Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda