Bupati Rupinus Pantau Kondisi Banjir di Nanga Taman

379
Bupati Rupinus saat meninjau kondisi banjir di Nanga Taman. (Dok)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sekadau Rupinus segera melakukan peninjauan kondisi banjir di Kecamatan Nanga Taman, Sabtu (7/12/2019) pagi.

Bupati melihat langsung kondisi pemukiman warga yang tergenang banjir setelah diterjang bandang pada Jumat (6/12/2019) malam.

Akibat dari banjir bandang ini, ratusan rumah warga tergenang, beberapa akses jalan provinsi Sekadau Hulu – Nanga Taman serta akses di beberapa desa tergenang banjir dan mengalami kerusakan.

Tak hanya disitu, pipa milik PDAM Sirin Meragun yang berpusat di sumber air Meragun Desa Meragun Nanga Taman, turut menjadi korban. Akibatnya, aliran PDAM di seluruh wilayah Kabupaten Sekadau terhenti sejak Sabtu siang.

“Banjir yang terjadi tersebut memang cukup besar. Sebab, bencana alam tidak bisa diduga dan bisa datang kapan pun,” ujar bupati.

Ia mengajak semua masyarakat, terutama di wilayah terdampak banjir untuk meminimalisir tindakan yang dapat merugikan semua pihak, khususnya terkait kondisi keseimbangan alam.

Bupati mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap curah hujan tinggi dan memantau kondisi ketinggian air serta curah hujan.

“Masyarakat agar selalu waspada, terutama mengawasi anak – anak di genangan air serta tegangan listrik,” kata bupati.

Bupati yang berasal dari Desa Pantok ini juga memberi perintah kepada para camat agar melakukan pemantauan kondisi ketinggian air di desa – desa yang berada di wilayah yang berdekatan dengan aliran sungai.

“Paling tidak, mewaspadai terhadap fasilitas pemerintahan, air bersih, dan listrik. Jangan sampai terganggu aktifitas masyarakat,” imbaunya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda