Bupati OKI: Rambang Snuling Diharapkan Bisa Jaga Keharmonisan Bermasyarakat

420

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Para anggota Rambang Snuling diharapkan bisa lebih menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini dikatakan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar, SE saat melantik kepengurusan komunitas Rambang Snuling Kabupaten OKI, bertempat di Gedung Kesenian Kayuagung, Kamis (20/2/2020) pagi.

Pasalnya, menurut Iskandar, Rambang Snuling ini sendiri terdari dari banyak suku yang datang dari berbagai wilayah. Mulai dari daerah Komering bagian Ulu, OKI, Ogan Ilir, bahkan hingga ke Pangkalan Balai (Kabupaten Banyuasin).

“Harapan kami agar Rambang Snuling ini bisa terus menjaga keharmonisan kehidupan di masyarakat. Komunitas ini banyak, kalau tidak salah mulai dari Baturaja termasuk OKI, OI. Ini jadi wadah dan diharapkan memberikan hal positif untuk pembangunan di OKI,” kata Iskandar

Menurutnya, banyak peran yang bisa diambil oleh para anggota Rambang Snuling ini untuk pembangunan di OKI. Untuk itu, dia mengimbau agar komunitas ataupun organisasi ini bisa menjadi wadah untuk kiprah mereka.

“Kami dari pemerintah tentu akan selalu mendukung hal-hal yang positif untuk pembangunan di OKI yang kita cintai ini,” ujar dia.

Ketua Perkumpulan Komunitas Rambang Snuling (PKRS) Kabupaten OKI, Nova Pahlevi mengungkapkan, perkumpulan ini memang menjadi wadah desa-desa yang termasuk dalam berbagai suku untuk terus menjaga silaturahmi dan budaya yang ada, agar tak tergerus oleh perkembangan zaman.

“Diharapkan melalui perkumpulan ini, anak-anak muda yang tergabung bisa lebih meningkatkan daya saing mereka. Karena perkumpulan ini sendiri terdiri dari berbagai kalangan yang banyak berkiprah baik lokal maupun nasional,” tandas dia.

Rambang Snuling sendiri terdiri dari berbagai etnis suku, mulai dari etnis Komering Bengkulah, Melayu Rambang Snuling, Pedamaran, Morgesiwe Kayuagung, dan etnis lain yang berasal dari luar Sumsel.

Lanjut dia, komunitas ini sendiri berdiri berdasarkan inisiatif Drs. Chairul Salam Senuling yang bertujuan untuk mengetahui komunitas Rambang Snuling OKI dengan semboyan ‘Sakan Melayang Padi Ampe’ (Petue Puyang RS). (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda