BUMDes Madani Melati II Wakili Sumut di Ajang Sail Nias Expo 2019

334

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Madani Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mewakili Sumatera Utara pada ajang Sail Nias Expo tahun 2019 yang diselenggarakan di lapangan Orurusa Kabupaten Nias Selatan Sumut, dari tanggal 11 hingga 14 September 2019.

Seperti yang dipaparkan oleh Mhd Safrizal utusan Desa Melati II, di ajang tersebut BUMDes Sejahtera Bengle Kerawang yang berasal dari Kecamatan Majalaya Jawa Barat menampilkan sejumlah produk unggulan yang sempat menjadi perhatian tim Kementerian Desa dan Pembangunan Desa Tertinggal, Transmigrasi Indonesia.

Ia juga mengatakan bahwa Sail Nias Expo merupakan wujud pengembangan potensi wisata bahari, sehingga menjadi sumber kemakmuran masyarakat Indonesia.

Sementara Kades Bengle, Lia Amalia mengatakan, dirinya merasa senang karena Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia memfasilitasi desanya mengenalkan produk-produk warga binaannya ke daerah lain.

Pada Sail Nias Expo 2019 ini, Desa Bengle memamerkan budidaya maggot dan tepung, yang saat ini sedang dikembangkan dan diproduksi oleh BUMDes Sejahtera Bengle.

“Maggot merupakan ulat yang diternakan, jika dikelola dan diolah sangat banyak manfaatnya, dan bernilai ekonomis. Budidayanya tidak banyak mengeluarkan modal,” jelas dia, Kamis (12/9/2019).

“Maggot tersebut bisa juga diolah menjadi pupuk organik dan diproduksi, serta diolah menjadi pelet (pakan ternak olahan), sabun, hingga kopi. Kami juga memamerkan hasil karya bank sampah berupa tas, karpet, dan paving blok berbahan baku sampah plastik,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda