Besok, PWI Ogan Ilir Akan Gelar UKW

254
Suasana rapat rutin di Sekretariat PWI Ogan Ilir.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Selama dua hari, 24 sampai 25 Februari 2020, sebanyak 24 wartawan yang tergabung di organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Ilir (OI) akan mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW).

Dikatakan Gusti M. Ali selaku Ketua PWI Ogan Ilir, kegiatan ini juga bekerjasama dengan Pemkab OI  melalui dana hibah tahun 2020. Seluruh peserta tidak dipungut biaya.

“Adapun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas wartawan PWI serta upaya meningkatkan pemahaman yang lebih, terkait apa itu jurnalistik. Guna memenuhi standarisasi wartawan yang profesional dan sesuai program Dewan Pers menjadikan wartawan yang berkompeten, dua hari kedepan kita melaksanakan UKW, yang dilaksanakan di LPMP Sumsel Indralaya,” jelasnya, Ahad (23/2/2020).

Untuk jenjang UKW sendiri, sambungnya, meliputi tingkat Muda dan Madya, dengan tim penguji dari PWI Nasional dan pihak Dewan Pers.

“Kami berharap wartawan yang mengikuti kegiatan ini makin profesional, dan akhirnya kedepan masyarakat juga tidak memandang sebelah mata terhadap penyandang profesi ini,” imbuhnya.

Masih lanjutnya, kedepan tidak ada lagi jurnalis yang hanya menyandang kartu wartawan, namun tidak memiliki tulisan atau berita, baik di media cetak, elektronik maupun online. Dan semua peserta lebih memahami apa itu 5W+1H dan kode etik jurnalis, serta UU 40 Tahun 1999 tentang pers dan PDPRT organisasi PWI.

“Kita juga ingin wartawan di Kabupaten Ogan Ilir menjadi contoh bagi teman-teman seprofesi lainnya, minimal di Sumsel bahwa wartawan Ogan Ilir memang professional. Selain itu, dengan adanya UKW dapat menjelaskan bahwa menjadi wartawan itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan,” pungkasnya. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda