Bentuk KIM Kecamatan, Diskominfo OKI Harapkan Informasi Pembangunan Menyebar

170

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Untuk memenuhi Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI No. 08/PER/M.Kominfo/6 tahun 2010 tentang pedoman pengembangan dan pemberdayaan lembaga komunikasi sosial, Dinas Kominfo bersama Forum Kelompok Informasi Masyarakat (FKIM) Kabupaten OKI menggelar rapat koordinasi pembentukan KIM 18 Kecamatan se-Kabupaten OKI, Rabu (11/12/2019).

Hadir pada acara tersebut antara lain Kadis Kominfo OKI Dwi M Zulkarnain SH M.Si, Ketua Umum KIM OKI Drs. H. Sang Dewi Rusmin Nuryadin, Ketua Harian KIM OKI Drs. H. Husni Akhmad, Sekretaris KIM Dodi Ariestanto SSTP M.Si, para OPD, camat se-OKI serta pengurus KIM OKI.

Pada pertemuan tersebut, Kepala Diskominfo OKI Dwi Zulkarnain menyebutkan, bahwa FKIM Kecamatan dibentuk untuk menjalankan tugas mendorong berkembangnya keberadaan dan jumlah KIM secara mandiri sebagai wahana informasi dalam masyarakat dan antar golongan hingga ke polosok pedesaan.

Dikatakan Dwi lagi, bahwa KIM sendiri merupakan organisasi sosial yang bersifat wirausaha, bergerak dalam bidang pengelolaan informasi dan komunikasi yang tumbuh berkembang dari, oleh, dan untuk kepentingan masyarakat.

Untuk itu, kata Dwi, dibentuknya KIM juga agar masyarakat dapat terpenuhi kebutuhan informasinya serta kesejahteraan, kecerdasan, kemakmuran, dan keadilan masyarakat dapat meningkat.

Sementara Ketua Harian KIM OKI Drs. H. Husni Akhmad pada pertemuan tersebut menyebutkan pembentukan KIM kecamatan, desa dan kelurahan se-Kabupaten OKI sangat perlu guna untuk kebutuhan informasi timbal balik antara pemerintah dan masyarakat.

“Pentingnya KIM di kecamatan, desa dan kelurahan agar masyarakat bisa lebih cepat mengakses informasi atau program-program yang diperlukan pemerintah. Demikian pula sebaliknya, pemerintah bisa mendapatkan informasi dari KIM guna bahan dasar kebijakan atau program-programnya,” jelas dia.

Selain itu pula, kata Husni, dengan adanya KIM bisa ikut berperan menangkal informasi yang tidak benar (hoax) yang mungkin saja beredar di tengah masyarakat.

Ketua Umum KIM OKI Drs. Sang Dewi Rusmin Nuryadin mengatakan, sekarang ini dunia sedang berlomba-lomba untuk menciptakan SDM yang baik, SDM yang betul-betul berkualitas.

“Maka dari itu, kita tidak boleh berjalan sendiri-sendiri, kita harus bekerjasama untuk mewujudkan SDM yang berkualitas di Kabupaten OKI melalui KIM,” tandasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda