Batik Jumputan Sergai Resmi Diluncurkan

295

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusip) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) selenggarakan sosialisasi program perpustakaan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, launching batik Jumputan Sergai (Juga), literasi haji, serta produk-produk pegadaian, bertempat di aula Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata, dan Budaya (Poraparbud) di Istana Replika Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Rabu (13/11/2019).

Bupati Sergai Ir. H Soekirman melalui Asisten III Karno Siregar mengatakan, dari program revitalisasi perpustakaan umum pada akhir tahun 2018 yang disosialisasikan di Jakarta oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI pada awak tahun 2019, berubah menjadi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dilaksanakan di kabupaten ataupun di desa.

“Kabupaten Sergai mendapatkan manfaat dengan diberikan bantuan kepada 6 desa di 3 kecamatan, yaitu Desa Rambung Sialang Hilir, Tengah dan Hulu di Kecamatan Sei Rampah, Desa Tanjung Buluh Kecamatan Perbaungan, Desa Tanjung Harap Kecamatan Serbajadi dan Desa Sei Kari Kecamatan Kotarih. Masing-masing desa tersebut mendapat bantuan 3 unit komputer dan 1 server, serta rak buku beserta buku sebanyak 1.000 eksemplar.

Sementara Dra. H Salmiah selaku Kadis Perpusip Sergai sekaligus ketua panitia memaparkan tentang UU, salah satunya Peraturan Pemerintah No. 24 tentang pelaksanaan UU No. 43 tahun 2007 tentang  perpustakaan.

“Peserta pada kegiatan ini sebanyak 200 orang. Untuk anggaran dana pada kegiatan ini adalah kerjasama antara Dinas Perpusip Sergai dan Pegadaian Area Medan II,” ungkap Salmiah.

Kabid Pengembangan Perpusip Harlinawati, S.Sos juga memaparkan tentang kegiatan program revitalisasi perpustakaan umum melalui transformasi layanan berbasis inklusi sosial berupa pelatihan komputer dan internet untuk para guru PAUD, serta pelatihan membatik, membuat kue dan tata rias kecantikan.

Vice Presiden Pegadaian Medan II Anhar Nasution sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dan Sami Marice selaku Senior Manager Penjualan memperkenalkan produk-produk pegadain kepada para peserta yang hadir, serta mengajak mereka untuk bergabung dengan pegadaian.

Salah satunya beliau juga memaparkan tentang pembiayaan kreasi multi guna untuk semua kebutuhan masyarakat dan produk KCA Prima Gadai tanpa bunga dan tabungan emas untuk masa depan.

Pada akhir acara juga diadakan acara pemotongan pita yang dilakukan boleh Karno Siregar untuk melaunching batik Jumputan Sergai dan penandatanganan kerjasama, serta pemberian cinderamata antara Dinas Perpusip Sergai dan Pegadaian Area II Medan. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda