Bantu Pendampingan Hukum Bagi Warga Miskin, LBH Cempaka ICMI Resmi Berdiri di Sintang

206

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sintang dr. Jarot Winarno, M. Med. PH melaunching Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cendikiawan Muslim Pembela Keadilan (Cempaka) Kabupaten Sintang, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Daerah Kabupaten Sintang, bertempat di halaman kantor ICMI Sintang, Jalan MT Haryono KM 3 Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, Jumat (19/7/19) pagi.

Jarot mengatakan, Pemkab Sintang memberikan apresiasi dan sangat mendukung terbentuknya LBH Cempaka ICMI Organisasi Daerah Kabupaten Sintang ini. Terlebih terbentuknya LBH Cempaka ICMI didasari pada upaya untuk memenuhi hak konstitusional masyarakat miskin dan termarjinalkan, khususnya di Sintang dengan tidak memandang suku, ras, agama dan golongan serta tidak dipungut biaya apapun.

Jarot menceritakan, saat ini adanya seorang wanita bernama Rika Sukarti asal Tebidah Kayan Hulu terjebak dalam perkawinan ilegal yang dibawa suaminya ke Beijing, setelah itu diceraikan. Kemudian pasportnya ditahan, sehingga sekarang masih terkatung-katung hampir enam bulan sudah di KBRI Beijing belum bisa pulang ke tanah air.

“Nah, barangkali ini bagian yang bisa LBH Cempaka dampingi. Kita upayakan untuk bisa kembali ke Nanga Tebidah. Serta banyak lagi konflik yang terjadi terhadap kebijakan publik yang dianggap tidak pas,” kata Jarot.

Sementara itu Ketua ICMI Orda Sintang, Kurniawan mengatakan, secara organisasi ICMI mempunyai obsesi, salah satunya adalah menyelenggarakan pemberdayaan dan advokasi, baik di bidang sosial, ekonomi, hukum dan budaya, dalam rangka meningkatkan martabat rakyat kecil dan kelompok yang lemah. Itulah yang diamanahkan anggaran dasar ICMI.

Kurniawan menjelaskan, memang masih ada fakta yang menyebutkan banyak rakyat kecil yang kadang sulit mengakses pelayanan hukum yang baik, termasuk di Kabupaten Sintang. Sehingga dengan lahirnya LBH Cempaka ICMI ini menjadi solusi agar pelayanan hukum, baik di peradilan maupun di non peradilan, bisa lebih meningkat kembali.

Sementara Ketua LBH Cempaka, Hartati mengatakan, berdirinya LBH ini didasari pada upaya untuk memenuhi hak konstitusional masyarakat miskin dan termarjinalkan, khususnya di Sintang.

“Tujuan berdirinya adalah untuk melaksanakan rule of the law, dan merupakan akses terhadap keadilan yang memiliki peran instrumental dalam pencapaian tujuan nasional sebagai mana diamanatkan dalam alenia keempat UUD Negara RI 1945,” jelas dia

“Sementara untuk tugas utama dari LBH Cempaka ICMI Sintang ini adalah melakukan pelayanan hukum berupa pendampingan hukum, baik secara litigasi maupun non litigasi, untuk masyarakat miskin,” tambah Hartati. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda