Tunggu Perbup, PMD Sekadau Segera Sosialisasi Tahapan Pilkades

511
Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sekadau Bayu Dwiharsono. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa (PMD) Kabupaten Sekadau saat ini mempersiapkan tahapan sosialisasi pemilihan kepala desa (pilkades) kepada panitia pemilihan. Langkah tersebut sebagai bentuk kesiapan akan turunya Peraturan Bupati (Perbup) Sekadau mengenai pilkades 2019.

“Panitia di masing-masing desa sudah dibentuk. Kami akan segara melaksanakan sosialisasi pilkades setelah perbup ditandatangani pak bupati,” ungkap Kepala Dinas PMD Bayu Dwiharsono saat dikonfirmasi BERITAANDA, Jumat (19/7/2019), di ruang kerjanya.

Lanjut dia, pembentukan panitia pilkades di 68 desa dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang belum lama ini dikukuhkan bupati.

Dalam perbup pilkades yang telah digodok Bupati Sekadau bersama pejabat terkait berisikan tata laksana pilkades serentak tahun 2019 sebagai pengganti perbup pilkades yang lalu.

Dijelaskan Bayu lagi, untuk sosialisasi kepada panitia pilkades, pihaknya akan menggunakan sistem zona, dimana akan dibentuk dua zona, masing-masing zona satu Kecamatan Belitang Hilir, Belitang dan Belitang Hulu.

“Zona dua terdiri dari Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap,” terang Bayu.

Secara umum, Bayu memperkirakan peserta yang akan mencalonkan diri sebagai kepala desa akan cukup ramai. Meski secara aturan dibatasi hanya 5 calon untuk masing-masing desa.

“Untuk desa yang melebihi 5 calon, maka akan dilaksanakan langkah seleksi calon oleh Dinas PMD. Kita bercermin pada pemilhan BPD lalu, pesertanya ramai dan persaingannya ketat. Untuk pilkades bisa melebihi situasi pada pemilihan BPD,” ujar mantan Camat Belitang itu. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda