Bantu Masyarakat Selama Puasa Hingga Lebaran, Disperindag Muara Enim Gelar Pasar Murah

303

MUARA ENIM, BERITAANDA – Untuk mengantisipasi lonjakan harga sembako di bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah dan Hari Raya Idul Fitri, Disperindag Kabupaten Muara Enim bekerjasam dengan Bulog Sub Divisi Regional Lahat menggelar pasar murah di Pasar Mambo II Muara Enim, Kamis (23/5/2019).

“Kami menggelar pasar murah atas permintaan Disperindag Muara Enim guna membantu masyarakat selama puasa dan menghadapi lebaran,” kata Edo, salah seorang karyawan Bulog Sub Divisi Regional Lahat sambil melayani pembeli.

Dia menjelaskan, pasar murah dilaksanakan di beberapa wilayah dan telah beberapa kali untuk di wilayah Kabupaten Muara Enim, dengan menjual berbagai bahan kebutuhan pokok masyarakat. Seperti beras, minyak goreng, dan tepung terigu, serta gula pasir.

Untuk beras per kilogram dijual dengan harga Rp 45 ribu/5Kg, gula pasir Rp11 ribu/Kg, gandum Rp8.500/Kg, minyak goreng Fortune Rp10.500/liter, dan daging beku Rp 80.000/Kg.

“Untuk daging beku kita siapkan sebanyak 500 Kg, beras 250 Kg, gula dan gandum masing-masing 500 kg serta minyak goreng 500 liter. Untuk daging juga kita batasi sebanyak 2 Kg perorang, kalau yang sembako lain tidak dibatasi,” ujar Edo

Sedangkan menurut Kabid Tata Kelola Perdagangan Disperidag Kabupaten Muara Enim Wartini, bahwa tujuan pasar murah ini untuk menjaga stabilitas harga sembako selama bulan Ramadhan, khusunya menjelang hari raya Idul Fitri. Sebab biasanya, sembako banyak yang naik, terutama daging.

“Untuk daging beku sapi atau kerbau adalah import, namun dijamin halal serta higienis, sebab sebelum dipasarkan di Indonesia hewan tersebut di karantina dahulu,” kata dia.

Masih dikatakan Wartini, kegiatan pasar murah ini sudah beberapa kali digelar di Kabupaten Muara Enim. Ketika menjelang Ramadhan sudah digelar di Desa Gunung Agung, Kecamatan Semende Darat Laut dan di Desa Perjito Kecamatan Gunung Megang. Dan ketika menjelang hari raya Idul Fitri digelar di Desa Gunung Megang dalam Kecamatan Gunung Megang dan Desa Tebat Agung Kecamatan Rambang Dangku. Dan hari ini, juga digelar di Kota Muara Enim.

“Kegiatan ini digelar hanya sehari, namun jika permintaan masyarakat banyak akan ditambah lagi harinya,” tukasnya.(Angga)

Bagaimana Menurut Anda