Arung Jeram Buluh Duri, Pesona Wisata Air di Sumut

593

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Buluh Duri Mandiri (Buduma), Budiman Purba, saat dikunjungi awak media BERITAANDA di lokasi kerjanya, memberikan informasi tentang kegiatan BUMDes Buduma, Jumat (3/1/2020) sore.

Mengawali perbincangannya, ia mengatakan bahwa di hari libur sering sekali wisatawan lokal mengunjungi Desa Buluh Duri, sembari berwisata arung jeram mengarungi arus Sungai Bah Bolon.

“Seperti yang dilakukan oleh Aliansi Masyarakat Pecinta Alam (AMPA) Medan yang dikomandoi oleh ketuanya Ringgas Sumanta bersama para anggota yang berjumlah 15 orang, berkunjung ke wisata arung jeram pada tahun baru kemarin,” kata dia.

Ia mengaku, Ringgas Sumanta merasa terkesan dengan nuansa sungai Bah Bolon yang airnya bersih serta deras, plus ada air terjunnya pula.

Budiman Purba juga mengatakan, wisatawan mancanegara seperti dari Belanda dan Australia pun pernah berlibur kesini, serta wisatawan lokal dari provinsi lainnya.

“Wisatawan dari daerah Aceh Besar pernah mengadakan observasi di Desa Buluh Duri pada tanggal 27 Desember 2019 yang lalu. Mereka datang dengan menggunakan bus beserta rombongan, terdiri dari kalangan pemerintah, sembari menikmati wisata arung jeram,” katanya.

Ia juga menyebutkan, untuk kebersihan di lokasi wisata tersebut, mereka sangat memerangi sampah plastik.

“Sementara para wisata yang datang diberikan air minum mineral yang telah dikemas dengan menggunakan logo wisata Buluh Duri,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda