Aplikasi CMS-OPD dan CMS-KASDA Online Dikenalkan di Tapsel

857

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) sosialisasikan penerapan Cash Management System Organisasi Perangkat Daerah (CMS-OPD) dan Cash Management System Kas Daerah (CMS-KASDA) online terintegrasi Modul Penerimaan Nasional Generasi 2 (MPN-G2).

Pengenalan sistem berbasis daring itu diselenggarakan oleh Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) bekerjasama dengan PT. Bank Sumut Cabang Sipirok, di aula Bappeda, lantai II, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, Selasa (12/11/2019) sore.

Mewakili Bupati Tapsel, Sekda Parulian Nasution menyampaikan, bahwa aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi CMS-KASDA yang telah diterapkan sejak tahun 2015. CMS-OPD ini digunakan sebagai terobosan baru.

“Saat dimana bertransaksi tidak lagi harus secara tunai, tapi bisa dilakukan melalui aplikasi milik PT. Bank Sumut yang terintegrasi dengan aplikasi Pemkab Tapsel, yaitu Sistem Penatausahaan Keuangan Terintegrasi Daerah (SITARIDA),” ujarnya.

Dengan aplikasi ini, katanya, nantinya para bendahara pengeluaran tidak perlu lagi mendatangi Bank Sumut untuk melakukan pemindah bukuan terhadap transaksi belanja. Sebab, hal demikian bisa dilakukan melalui perangkat digital.

“Transaksi tersebut bisa dengan mudah diakses melalui komputer atau telepon pintar, dimana dan kapan saja. Dengan catatan sepanjang gadget atau media transaksi digital itu terjangkau jaringan internet,” jelas sekda.

Pemkab Tapsel berkaitan CMS-OPD ini, semakin mengembangkan era industri 4.0. Teknologi informasi dimanfaatkan dalam penatausahaan keuangan daerah. Sehingga, pengelolaannya bisa berjalan lebih efektif dan efisien lagi.

“Sistem ini akan terus dikembangkan di Kabupaten Tapsel. Termasuk di bidang pembayaran pajak retribusi melalui aplikasi pembayaran online yang ada di perangkat smartphone, atau di google playstore,” tambah Parulian. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda