Berniat Ambil Madu, 2 Pria Asal Sambas Tak Sengaja Bakar Lahan Seluas 3 Hektare

806

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pelaku penyebab terbakarnya lahan diperkirakan seluas 3 hektare di areal kawasan hutan produksi petak K 4180 Distrik Padang Sugihan PT. Bumi Mekar Hijau (BMH) Kecamatan Tulung Selapan Ogan Komering Ilir (OKI) akhirnya ditangkap polisi.

Pelakunya Budiman (35) yang tercatat sebagai warga Desa Damar Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas, dan Rahmat (19) asal Desa Gapura Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.

Keduanya merupakan buruh yang tinggal di basecamp PT ACUA Desa Simpang Tiga Kecamatan Tulung Selapan OKI.

Aksi keduanya terungkap bermula pada hari Jumat (8/11/2019) sekira pukul 01.00 Wib. Dimana saat itu Tim Satgas Gakkum Karhutla Polres OKI, Polsek Tulung Selapan dan Tim Security PT. BMH mendapat laporan adanya titik api di petak K 4180 Distrik Padang Sugihan PT. BMH.

Selanjutnya, tim bergerak ke lokasi untuk melakukan pemadaman serta mencari penyebab kebakaran. Didapatlah informasi bahwa sebelumnya ada dua (2) orang yang mengambil sarang lebah madu dengan cara membuat api untuk mengasapi sarang lebah guna mengusir lebah keluar dari sarangnya.

“Keduanya (Budiman dan Rahmat) ditemui di basecamp PT ACUA yang berjarak sekira 20 menit dari lokasi kebakaran,” kata Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kasat Reskrim AKP Agus Prihardinika didampingi Kanit Pidsus IPTU Sulardi, Selasa (12/11/2019) malam.

Setelah dilakukan interogasi, kata dia lagi, keduanya mengakui dan menerangkan bahwa sebelumnya pada Kamis (7/11/2019) sekira pukul 15.20 Wib, beraktifitas mengambil sarang lebah dengan terlebih dahulu membakar kardus menggunakan 1 (satu) buah korek api.

“Kemudian api kardus yang dibakar untuk mengasapi sarang lebah, sempat terjatuh ke lahan gambut. Dan diduga api tersebut masih ada di gambut, sehingga membesar dan menyebabkan terjadi kebakaran lahan. Atas kejadian ini, tim mengamankan pelaku dan barang bukti untuk proses penyelidikan,” tandas dia.

Barang bukti yang diamankan berupa 1 (satu) buah korek api gas merk Cricket warna hitam orange dan 3 (tiga) botol bekas air mineral yang berisi cairan madu.

“Motif pelaku membuat api untuk aktifitas mengambil madu dari sarang lebah, namun tanpa disadari terjadi kejatuhan api yang membesar dan menyebabkan kebakaran,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda