Antisipasi DBD di Pangaribuan, Karang Taruna dan Warga Gotong-royong

602

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Kebersihan lingkungan mempunyai peranan yang sangat penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah dan bau yang tidak sedap.

“Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), malaria, muntaber dan beragam penyakit lainnya,” kata Kepala Desa Pangaribuan Muhammad Rizal kepada wartawan, Ahad (10/2/2019).

Kegiatan gotong-royong yang digelar di Desa Pangaribuan Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ini melibatkan kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Angkola Muaratais, Karang Taruna Desa Pangaribuan, serta warga desa setempat.

Dikatakan Muhammad Rizal, disamping kebersihan lingkungan sangat berpengaruh di bidang kesehatan, juga menyangkut kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan desa, yang nantinya bermuara pada kedamaian. Sebab lingkungan bersih, berdampak pada ketenangan berpikir.

“Semua ini dapat kita raih dengan melakukan perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan, dan sekitar rumah kita. Apalagi mengingat pada akhir-akhir ini di sebagian wilayah Indonesia tengah dilanda penyakit demam berdarah,” sebut kepala desa.

Pada kesempatan itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Angkola Muaratais Indra Marpaung menyatakan, selaku organisasi kepemudaan yang konsen bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, pihaknya akan terus menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah desa.

“Kegiatan pemberdayaan sosial semacam gotong-royong kebersihan lingkungan, merupakan bagian dari agenda program kerja karang taruna kecamatan. Karena itu, setiap kali kegiatan gotong-royong dilakukan di desa se-Kecamatan Angkola Muaratais, kita selalu melibatkan diri,” ujarnya.

Penuturan senada juga disampaikan oleh Fahmi Khoir Ag, Ketua Karang Taruna Pangaribuan. Ia mengatakan kegiatan tersebut termasuk program prioritas di tubuh karang taruna, khususnya di seksi lingkungan hidup untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

“Aksi ini adalah salah bentuk kepedulian pemuda Desa Pangaribuan dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas sampah. Selaku pemuda, baru ini yang bisa kita perbuat untuk lingkungan. Kalau bukan kita, siapa lagi,” tegas Fahmi juga sebagai Ketua Naposo Nauli Bulung (NNB) desa setempat. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda