Aliansi Mahasiswa Peduli Bencana Kalbar Serahkan Bantuan ke Korban Banjir Sekadau

43

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Aliansi Mahasiswa se-Kalimantan Barat menyerahkan bantuan kepada para korban yang terdampak banjir di Kabupaten Sekadau, Ahad (7/11).

Penyerahan melalui Posko Aliansi Peduli Banjir Sekadau berlangsung dengan sukses dan lancar, serta diserahkan langsung di lokasi posko yang terletak di Jalan Merdeka Timur, Kilometer I, simpang Pasar Baru.

Fokmas yang menjadi inisiator dari gerakan ini sangat mengharapkan peran serta dukungan kawan-kawan yang terlibat dalam panggilan kemanusiaan.

Adapun beberapa organisasi yang terlibat dalam gerakan banjir Sekadau ini meliputi Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Sekadau, Forum Mahasiswa Dayak Kabupaten Sekadau, Ikatan Pemuda Dayak Mualang, Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bengkayang, Himpunan Mahasiswa Papua, Ikatan Mahasiswa Kabupaten Sanggau, Asrama Mahasiswa Kabupaten Sekadau, Asrama Putra Kayong II (Ketapang), BEM FKIP UMP, HMPS Sosiologi FISIP Untan, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Pergerakan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, Relawan Pemuda Peduli Indonesia, Himpunan Mahasiswa Dayak Kerabat Sekadau, Himpunan Mahasiswa Kecamatan Serawai, serta Himapaudi UMP.

Rahmat Hidayah selaku Ketua Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten sekaligus menjadi ketua panitia dalam panggilan aksi kemanusiaan ini mengatakan, bantuan yang diberikan semua berupa sembako dan sedikit obat-obatan. Sebab, keadaan banjir seperti ini membuat beberapa aktivitas lumpuh sehingga masyarakat susah bergerak untuk membeli segala kebutuhan pokok.

“Alhamdulillah, kami yang tergabung dalam gerakan Aliansi Mahasiswa Peduli Bencana Kalimantan Barat telah menyalurkan bantuan yang telah diamanahkan. Dan bentuk bantuan kami berupa sembako serta sedikit obat-obatan. Teknis penyaluran yang kami lakukan tidak hanya berfokus pada posko tertentu, akan tetapi langsung terjun ke lapangan melihat kondisi masyarakat Sekadau yang terdampak banjir sekaligus memberikan bantuan tersebut kepada mereka secara langsung,” jelasnya saat ditemui di Posko Peduli Bencana Kabupaten Sekadau.

Untuk sasaran penyerahan donasi dari Aliansi Mahasiswa Peduli Bencana Kalimantan Barat ini terfokus kepada daerah yang terdampak parah oleh banjir, seperti Seberang Kapuas, Teribang, dan Teluk Pasir.

Dalam moment penyerahan tersebut, mahasiswa didampingi Komunitas Peduli Banjir Sekadau yang dari kemarin juga intensif memberikan bantuan kepada warga terdampak.

Mahasiswa Peduli Bencana Kalimantan Barat ini memberikan bantuan sembako meliputi beras ada 132 karung, sarden 37 kotak, minyak goreng 30 kantong, gula 24 kantong, minyak kayu putih 12 lusin. Barang-barang tersebut distribusikan dengan dibentuk perpaket, dengan total 250 paket yang siap diberikan kepada masyarakat.

Rahmat menambahkan, bahwa dalam mendistribusikan barang-barang tersebut kawan-kawan didampingi oleh Komunitas Peduli Banjir Sekadau menggunakan dua kapal.

“Dalam penyaluran sembako-sembako tersebut kami didampingi oleh Komunitas Peduli Banjir Sekadau menggunakan kapal biasa, yang terbagi kedua wilayah yang ada di Kecamatan Sekadau Hilir,” tambahnya

18 orang yang diutus dari Kota Pontianak untuk menyalurkan sembako tersebut mewakili 8 OKP yang ada, serta itu sudah diputuskan dalam forum yang membahas terkait teknis keberangkatan. Mahasiswa juga berharap semoga banjir yang terjadi di Kalimantan Barat saat ini bisa segera surut dan aktivitas warga bisa berjalan normal kembali. [Arni]

Bagaimana Menurut Anda