Wujudkan Lingkungan Bersih, Seluruh Warga SP Padang Kompak Ikuti Gerakan WCD

121

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Dengan semangat gotong-royong, masyarakat di desa – desa dalam wilayah Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) secara serentak melaksanakan kegiatan world cleanup day (WCD), Jumat (18/9/2020) lalu.

Tak hanya kaum pria, di 20 desa dalam wilayah Kecamatan SP Padang ini, para wanitanya pun turut andil pada kegiatan tersebut, demi terwujudnya lingkungan bersih sekitar masing-masing.

“20 Desa dalam wilayah SP Padang kompak secara serentak melaksanakan kegiatan world cleanup day (WCD),” ungkap Camat SP Padang, Syawal Harahap, saat dihubungi melalui seluler, Ahad (20/9/2020).

Selain gerakan kegiatan ini, kata Syawal lagi, selaku pemerintah kecamatan kita akan mensosialisakan juga bank sampah, pengelolaan sampah 3R dan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKI.

“Akan berkoordinasi dengan DLH OKI agar dibuatkan TPS serta TPA di Kecamatan SP Padang. Untuk tingkat desa, akan kita dorong penggunaan dana desa yang bersumber dari Kemendes,” ungkap Syawal.

Regulasi terkait hal tersebut, masih kata Syawal, akan kita tercermati dan minta petunjuk Bapak Bupati OKI melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten OKI.

“Disisi lain, mengingat Sungai Komering sudah mulai tercemar akibat perilaku buruk warga yang telah membuang sampah sembarangan, kita juga akan memasang spanduk imbauan di bantaran sungai,” tandas Syawal.

“Hal ini agar menimbulkan kesadaran masyarakat sehingga mengerti akibat dan bahaya pencemaran lingkungan, yang nantinya berdampak sangat buruk bagi kesehatan serta keberlangsungan hidup anak cucu kita kelak,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda