Warga Heboh, Tiba-tiba Muncul Kuburan di Lokasi Pembangunan Jalan Tol

1014

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Pembangunan jalan tol di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara, tepatnya diseputaran jalan tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar, menghebohkan warga Desa Gunung Pane Kecamatan Sipispis Sergai.

Hal tersebut dikarenakan tiba-tiba muncul dua kuburan baru di lokasi pembangunan proyek jalan tol tersebut, Ahad (21/7/2019).

Peristiwa kemunculan kuburan tersebut membuat heboh warga sekitar, persisnya di areal HGU Kebun Gunung Pamela Distrik Serdang I PTPN 3 (Persero) wilayah Desa Perkebunan.

Pantauan para awak media saat meninjau ke lokasi, terlihat adanya bekas garis kuning pembatas yang sempat melingkari kuburan yang posisinya tepat di lintasan jalan tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar yang saat ini sedang tahap pengerjaan.

Namun jika dicermati, seperti ada yang janggal dengan kemunculan kuburan yang tidak pernah ada sebelumnya di lokasi tersebut.

Terlihat batu nisan yang ada di kedua kuburan seperti baru saja ditancapkan, hanya tertulis nama tanpa ada keterangan waktu, seperti tanggal dan tahun wafatnya. Berbeda dengan dua kuburan lainnya yang letaknya berdekatan, terlihat kuburan tersebut sudah permanen, serta tertulis nama dan waktu wafatnya pada tahun 1920.

Warga setempat, Heri mengatakan, kuburan disini cuma ada dua. Tapi kami heran tahu – tahu kok bisa jadi empat.

“Saya dari tahun 1989 kerja disini, cuma dua kuburan disini. Memang sudah ada kuburan yang dua ini, dulunya nisannya batu patok ini, kalau enggak salah ini disemen sekitar tahun 2001,” pungkas Heri.

Hal serupa juga diucapkan Man, warga lainnya. “Ini baru-baru aja, tadinya belum ada. Waktu pengukuran jalan tol baru keluar,” katanya dengan wajah bingung.

Penasaran dengan keterangan warga, para awak media memastikan kembali kepada sesepuh Desa Gunung Pane yang biasa dipanggil Kakek Gisok. Beliau mengatakan bahwa benar cuma hanya ada dua kuburan dari zaman dulu.

“Walaupun bukan punya kakek (bukan keluarga), tapi kakek sering bersihkan kuburan yang dua ini, kalau yang dua lagi itu gak ada,” terang dia.

Sementara pengelola jalan tol saat dikonfirmasi, enggan berkomentar lebih jauh.

“Saya humas HK bang, tanya sama pengawasnya lah bang dari Waskita. Humasnya Sutris bang,” kata dia sembari memberikan nomor telepon seluler Sutris.

Tetapi ketika awak media mencoba menanyakan hal tersebut dengan menghubungi nomor telepon yang diberikan, beberapa kali dihubungi selalu tidak aktif. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda