Walikota Gunungsitoli Tinjau Lokasi Perkebunan Sayur di Desa Binaka

272

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Walikota Gunungsitoli meninjau lokasi perkebunan sayur di Desa Binaka Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli, Selasa (23/7/2019).

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhamizaro Zebua menyampaikan bahwa fasilitasi alat mesin pertanian (alsintan) yang tersedia akan dimaksimalkan untuk kebutuhan petani.

“Pada tahun 2020 dialokasikan di APBD tahun 2020 dalam bentuk pengadaan pupuk untuk membantu peningkatan produktivitas pertanian dan perkebunan,” jelas dia.

Camat Gunungsitoli Idanoi Dasma Telaumbanua menambahkan, bahwa target kecamatan saat ini untuk tanaman sayuran holtikultura seluas 5 hektare, tanaman jagung 10 hektare, dan di tahun 2020 akan ditingkatkan 2 kali lipat dari tahun ini.

“Selanjutnya bahwa target 5 hektare dan 10 hektare itu khusus untuk pembukaan lahan baru yang ditargetkan setiap tahun, dan bukan total keseluruhan lahan. Kita berharap dengan inisiasi dan intervensi dari pemerintah melalui Dinas Pertanian dan pemerintah kecamatan, masyarakat yang memiliki lahan kosong akan termotivasi untuk mulai membuka lahan pertanian untuk beberapa komoditi yang dapat memberikan keuntungan secara ekonomi masyarakat,” terang Dasma. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda