Wabup di Perayaan Natal Oikumene: Mari Jaga Soliditas dan Toleransi di Tapsel

628

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Perayaan Natal merupakan bentuk aktualisasi iman dan kasih kepada Tuhan dan sesama. Sesuai karunia dan talenta yang kita miliki agar saling melengkapi, menciptakan harmonisasi, saling memaafkan, membina kerukunan, dan juga kedamaian.

“Melalui perayaan Natal Oikumene, mari jaga soliditas dan toleransi antar umat beragama di Bumi Tapanuli Selatan (Tapsel),” ungkap Wakil Bupati, H. Aswin Efendi Siregar saat menghadiri perayaan Natal Oikoumene umat Kristiani bersama ASN, TNI dan Polri, di lapangan kantor Camat Arse, Tapsel, Kamis (5/12/2019).

Perayaan bertema ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang’ ini dihadiri Dan Yonif 123/ RW Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, Kabag Kesra Solahuddin Harahap, Kabag Humas dan Protokol, Camat Arse dan forkopimcam, Camat Sipirok, Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Ephorus GKPA Pdt. Togar S. Simatupang, Sekjen GKPA Pdt. Ramos BB Simanjuntak, Ketua BKAG, FKUB, dan jamaah.

Wabub menyampaikan, harus disadari bahwa Indonesia adalah bangsa yang majemuk terdiri dari beragam suku, agama, etnis, bahasa dan budaya. Cara menyikapi itu, tentunya dengan membangun kebersamaan diantara sesama. Yakni saling menghormati dan menghargai perbedaan. Kemajemukan bangsa justru jadi aset berharga yang tidak dimiliki bangsa lain.

“Perbedaan agama harus menjadi tempat yang layak untuk dihidupi bersama, harus dijaga dan diselamatkan dalam bingkai NKRI. Seperti ada ungkapan yang menyebut, kebiasaan itu belum tentu baik. Tapi hal yang baik harus dibiasakan. Jadikan perbedaan sebagai kekayaan dalam mempererat persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Para tokoh agama, ASN, TNI dan Polri, menurut Aswin, harus selalu menjadi pelopor pemersatu bangsa sekaligus sebagai mitra pemerintah untuk berperan serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Demi menuju Tapsel yang masyarakatnya taat beragama dan tetap memelihara adat budayanya.

“Dengan agama hidup akan lebih terarah, dan dengan adat budaya akan lebih berwarna untuk menuju hidup yang sejahtera,” tuturnya seraya mengingatkan seluruh umat Kristiani agar tidak mudah terpengaruh maupun terprovokasi oleh berita hoaks/ bohong yang dapat berpotensi memecah belah persatuan masyarakat Tapsel.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaaan Natal Oikumene Edison Rambe berujar, terimakasih atas dukungan seluruh stakoheloder, meliputi Pemkab Tapsel, TNI, Polri, dan juga perusahaan swasta yang di Tapsel. Berkat dukungan itu, kata dia, perayaan Natal Oikumene di Arse bisa terlaksana secara baik dan berjalan sukses.

“Kepada seluruh umat Kristiani supaya menjadi bagian dari masyarakat yang selalu taat hukum dan selalu taat pajak demi mendukung serta mensukseskan program pembangunan Tapsel. Demi mewujudkan Tapanuli Selatan yang lebih maju dan sejahtera,” tandas Edison yang juga anggota DPRD Tapsel itu. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda